Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Atasi Insomnia Dengan Beberapa Tips Ampuh ini

Insomnia
Ilustrasi Insomnia, foto:net

PRESMEDIA.ID – Susah tidur atau disebut insomnia umumnya dialami banyak orang. Terlebih bagi mereka yang memiliki kebiasaan begadang, sedang dilanda banyak pikiran, pekerjaan. Lebih parahnya lagi ada juga seorang yang mengalami insomnia baru bisa terlelap ketika waktu sudah menjelang pagi.

Presmedia mengutip dari berbagai sumber menemukan beberapa cara yang bisa dicoba para penderita insomnia.

1. Hindari konsumsi kafein.
Bagi para penggemar kopi dan sedang mengalami insomnia, disarankan untuk tidak mengkonsumsi kopi sebelum tidur malam. Kafein yang terdapat pada kopi benar-benar memperlambat kinerja jam internal tubuh. Efeknya masih terasa meski orang yang bersangkutan meminum kopi tiga jam sebelum tidur.

2. Mandi air hangat satu jam sebelum tidur malam.
Mandi air hangat bakal meningkatkan suhu tubuh. Perlahan-lahan, setelah selesai mandi, suhu tubuh perlahan bakal menurun. Perubahan suhu ini bisa memicu rasa ngantuk dan mempercepat tidur. Maka tidak salah para insomnia mencoba cara ini.

3. Jangan makan berat menjelang tidur malam.
Makan berat seperti daging merah, membuat pencernaan bekerja ekstra. Jika memaksakan diri untuk tidur setelah makan makanan ini, akan terjadi peningkatan risiko asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan.

4. Konsumsi buah atau minuman hangat sebelum tidur.
Malam hari dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman dan makanan yang ringan di perut. Segelas susu hangat, buah, atau yoghurt yang bisa jadi cemilan tepat sebelum tidur malam.

5. Mendengarkan Musik.
Musik diyakini bisa membuat pikiran tenang. Mendengarkan musik berirama pelan di malam hari akan membuat pikiran relax dan akan membuat ngantuk. Hasil penelitian, musik dengan tempo lambat 60 hingga 80 beat tiap menit bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

7. Hindari Kontak Mata Langsung dengan Cahaya Lampu.
Mengurangi tingkat volume keterangan lampu kamar tidur juga sangat tepat bagi para insomnia. Kontak langsung mata dengan cahaya lampu yang terang bisa memperlama waktu tidur. Maka sebaiknya ganti lampu tidur dengan lampu temaram atau lampu dimatikan bakal meningkatkan kualitas tidur. Waktu ideal mematikan lampu paling tidak satu jam sebelum tidur malam.

8. Hindari gadget, komputer dan televisi.
Penggunaan gadget, komputer, dan televisi bakal membuat waktu tidur menjadi panjang. Untuk itu ada baiknya mematikan semua perangkat tersebut untuk membuat pikiran lebih rileks dan mengantuk.

Jadi bagi para Insomnia, cara ini tidak salah untuk dicoba segera mungkin. Semoga berhasil.!

Comments
Loading...