Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tampung Kapasitas Air 11,8 juta M3,Bendungan Sei Gong Batam Diresmikan 

Resmikan Proyek Bendungan Sei Gong Batam, Plt.Gubernur kepri Isidanto dan Dirjen SDA PUPR pusat besama Kepala OPD menekan tombol Serine.

PRESMEDIA.ID,Batam– Pelaksana Tugas Gubernur Kepri Isidanto dan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogin bersama sejumlah kepala OPD lainya, meresmikan proyek Bendungan Sei Gong Batam di Jembatan 6 Batam,Jumat (19/7/2019).

Bendungan Sei Gong Batam, merupan proyek strategis pusat yang menelan anggaran Rp.238,44 Miliar dana APBN yang pembangunanya dimulai pada akhir 2015 lalu. Bendungan yang memiliki luas genangan 355,99 hektar ini akan mampu menampung kapasitas air 11,8 juta meter kubik.

Plt.Gubedrnur Kepri Isdianto mengatakan, peresmian proyek stargetis pusat Bendungan Sei Gong Batam ini merupakan, bentuk komitment pemerintah pusat dalam melaksanakan pembangunan didaerah. Dan atas hal itu, Isidanto mengucapakan Terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri PUPR Pusat Basuki Hadimuljanto.

“Terima kasih kami ucapakan sebesar-besarnya kepada bapak Presiden Joko Widodo dan Pak Menteri Basuki Hadimuljanto, atas pembangunan proyek ini,”kata Isdianto disela-sela peresemian.

Kepri yang 96 persennya wilayahnya laut, lanjut Isdianto, sangat membutuhkan pembangunan sarana infrastruktur dan sektor lainnya. Namun dengan keterbatasan anggaran, belum semua dapat dilakukan dengan maksimal. Karena itu bantuan pusat sangat diharapkan.

“APBD jelas tak memadai membangun semua sektor di Kepri.Kami sangat butuh uluran tangan dari Jakarta,’ujarnya.

Sinergi yang kuat antara pusat dan daerah, janjut Isidanto akan mempercepat realisasi pembangunan di Daerah, Oleh Karena itu, pemerintah pusat diharapkan, terus mengucurkan APBN untuk membangun sejumlah sektor di provinsi Kepri.

“Kalau tidak minta ke pusat, dari mana kita bisa membangun semaksimal mungkin.Memang Pusat berharap provinsi mandiri.Kalau sudah mandiri kita tak minta ke pusat.Tapi saat ini Kepri selalu menanti bantuan pusat,”ujar Isdianto.

Mantan wakil Gubernur Kepri ini juga mengatakan, dengan selesianya pembangunan Bendungan Sei Gong Batam itu, mimpi masyarakat Batam untuk mendapat air baku yang berkecukupan akan dapat segera terealisasi.

“Ini, berkat uluran pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR,”ujarnya.

Dengan selesianya pembangunan Bedungan itu, Isdianto juga berharap, Pemerintah Pusat dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, kembali dapat merealisasikan program strategis nasional di Kepri,seperti pembangunan Jembatan Batam-Bintan, serta Dam Busung sebagai infrastruktur yang sangat dibutuhkan masyarakat di daerah. (Presmedia)

Comments
Loading...