Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Dirjen SDA PUPR Janji Segera Realisasikan Pembangunan Dam Busung di Bintan

PRESMEDIA.ID,Batam-Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hari Suprayogi mengatakan pembangunan Dam Busung di Bintan, akan segera direalisasikan, dan saat ini Dirjen SDA sudah membuat disainnya.

Hal itu dikatakan Hari Suprayogi, saat mersmikan Proyek Stargetis Pusat, Bendungan Sei Gong Batam, di Jembatan 6 Batam,Jumat,(19/7/2019).

“Proyek pembangunan Dam Busung di Bintan akan dapat segera dilaksanakan, saat ini Dirjen Sumberdaya Air sudah membuat disainnya,”ujar Hari.
Pada kesempatan itu, Hari juga mengatakan, jika pembangunan Bendungan Sei Gong Batam bisa dilakukan tiga tahun, maka Dam Busung diharap dapat dilaksankan lebih cepat.

Dam Busung, yang diperkirakan mampu menyedikan air baku 4.000 liter per detik, jika sudah selesai dibangun, akan dapat menyuplai air bersih ke Batam, Bintan dan Tanjungpinang.

Dengan kolaborasi dan kerja sama pemerintah Pusat dan daerah, lanjut Hari, pembangunanya akan dapat terealisasi dengan capat.

Kolaborasi itu, lanjutnya terlihat dalam pembangunan Bendungan Sei Gong Batam. Bedungan Seigong merupakan salah satu dari 65 bendungan dalam rangka ketahanan air untuk mendukung ketahanan pangan dan energi.

Dengan luas genangan 355,99 hektar dan kapasitas tampung 11,8 juta meter kubik, proyek strategis pusat ini, menghabiskan alokasi dana investasi Rp.238,44 miliar dari APBN.

“Bendungan ini mampu menyediakan air baku 400 liter per detik untuk Batam. Semoga hal ini akan dapat memberi manfaat bagi rakyat, khususnya kota Batam,”katanya.

Sementara itu,Kepala Balai Wilayah Sungai IV Ismail Widadi, mengatakan peresmian ini menandai selesainya pembangunan Seigong tepat waktu dengan kapasitas air 11,8 juta meter kubik, Bendungan Sei Gong selanjutnya akan proses pengisian dan desalinasi, hingga 1-2 tahun ke depan.

Comments
Loading...