Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tunggu Keputusan Pusat, KPU Belum Ajukan Tambahan Dana Pilkada Kepri

Anggota Komisioner KPU Kepri Pryo Handoko.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau hingga saat ini belum mengajukan alokasi tambahan kekurangan dana Pilkada ke pemerintah, karena masih masih menunggu keputusan KPU-RI dan Mendagri, atas Pilkada yang akan dilaksanakan pada era new normal pandemi COVID-19.

Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko mengatakan, hingga saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan KPU RI yang saat ini sedang membahas kekurangan anggaran dan tambahan kegitan pelaksanaan Pilkada itu dengan Mendagri.

“Memang kami belum bisa menjawab persoalan itu, masih menunggu keputusan di tingkat pusat,”katanya saat dijumpai di Gedung DPRD Kepri,Pulau Dompak Tanjungpinang, Senin (22/6/2020) kemarin.

Setakat ini, lanjut Priyo, ada dua kemungkinan yang terjadi yakni, pemerintah pusat akan menalangi kekurangan anggaran tersebut atau pemerintah daerah dengan segala kekurangannya harus menyetujui tambahan usulan anggaran itu secara penuh.

“Kami akui ditengah kondisi ekonomi akibat COVID-19 ini pemerintah daerah juga merasa berat. Untuk itu, kita sama-sama menanti keputusan finalnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Kepri, Widiyono Agung Sulistiyo mengungkapkan, kendati sedang menunggu keputusan resmi terkait anggaran saat ini pihaknya tetap menjalankan tahapan Pilkada Kepri sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Dimulai dengan pelantikan badam adhock yang dilaksnakan pada 15 Juni lalu.

Kemudian, dilanjutkan dengan verifikasi faktual syarat calon perseorangan di Kota Batam dan Kabupaten Anambas.

“PPK dan PPS Anambas dan Batam yang ada calon perseorangannya akan mulai bekerja memverikasi syarat dukungan mulai 24 Juni ini,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, KPU Kepri mengusulkan tambahan anggaran pelaksanaan Pilkada kepada Pemprov Kepri sebesar Rp 12 miliar. Namun, Pemprov Kepri hanya bisa mengakomodir Rp 6 miliar untuk Pilkada di tengah pandemi COVID-19.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...