Ultimate magazine theme for WordPress.

Kasus Positif Bertambah, Gugus Tugas Kepri Tetapkan Bintan Zona Kuning COVID-19

Kepala dinas Kesehatan Prov,kepri Tjejep Yudiana

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau menetapkan Kabupaten Bintan berstatus zona kuning atas penyebaran dan penambahan kasu positif COVID-19 di Bintan.

Juru bicara Gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kepri Tjetjep Yudiana mengatakan, berdasarkan hasil analisis, status Kabupaten Bintan menurun dari zona hijau ke zona kuning.Hal tersebut menyusul ditemukanya tambahan 4 kasus positif COVID-19 di wilayah tersebut.

“Hasil analisis gugus tugas, kembali zona kuning,”kata Tjejep Jumat (26/6/2020).

Berdasarkan analisis gugus tugas lanjut Dia, penetapan Bintan sebagai zona kuning dikarenakan tahap penyebaran COVID-19 masih beresiko rendah, dan pada level ini, penyebaran COVID-19 dapat terkendali dan tetap ada kemungkinan transmisi.

Pada situasi ini, beberapa transmisi seperti dari imported case dan tingkat rumah tangga dapat terjadi. Namun kluster penyebaran tersebut dapat terkendali dan tidak bertambah.

“Tapi dari pusat masih hijau, sementara dari analisi gugus tugas sudah kuning,”ucapnya.

Sebagaimana diketahui, baru sekitar 2 pekan menyandang status zona hijau 4 warga di Kabupaten Bintan kembali dinyatakan positif COVID-19.

Tiga kasus diantara merupakan satu keluarga yang terdiri dari pasangan suami istri dan seorang anak yang masih SD, sementara satu orang lagi merupakan pria yang berusia 42 tahun.

Diketahui, satu keluarga tersebut memiliki riwayat pernah kontah seorang pekerja bongkar muat PT Pertamina Rayon Kijang yang dinyatakan positif COVID-19 pada Mei lalu.

Sementara, satu pasien lagi merupakan warga Palembang yang sempat melakukan transit terlebih dahulu di Kota Batam.

Sebagai mana diketahui, jumlah kasus positif COVID-19 Kabupaten Bintan saat ini berjumlah 8 kasus, Jumlah ini bertambah 4 orang dari sebelumnya, 4 kasus. Dari jumlah tersebut, 2 pasien COVID-19 sebelumnya telah dinyatakan sembuh, meninggal 1 orang, dan dirawat di RS sebanyak 5 orang.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...