Ultimate magazine theme for WordPress.
Banner Pemko

Atas Namakan Kejati, Begini Kronologis Tersangka Fr Tipu Tesangka Korupsi Rp.500 Juta

Tersangka Fr, satu dari dua penipu yang meminta dana Rp.1 Milliar pada tersangka korupsi untuk menyelesaikan kasus di Kejaksaan Tinggi Kepri.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Ibarat kata pepatah “Sudah jatuh tertimpa tangga pula”, begitulah hal yang dialami Junaedi korban penipuan Fr dan Bw yang mengatasnamakan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri.

Dalam lapornya ke Polisi, Junaidi mengaku menjadi korban penipuan tersangka Fr dan Bw (DPO) atas pengurusan perkaranya di Kejaksaan Tinggi Kepri.

Hal itu berawal ketika kejaksaan Tinggi Kepri menetapkan pelapor, sebagai tersangka dalam dugaan korupsi Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP-OP) tambang Bauksit yang disidik Kejaksaan Tinggi Kepulauan Riau.

Atas perkara itu, selanjutnya Junaedi menemui dan mengajak tersangka Fr untuk bertemu di Jalan Sunaryo Tanjungpinang. Dalam pertemuan itu, Ia mencerikan permasalahanya kepada Fr. Kepada Junaedi, Fr mengaku bisa membantunya menyelesaikan perkaranya tersebut di Kejaksaan Tinggi Kepri melalui rekanya yang berada di Batam.

Selanjutnya, Fr mengajak Junaedi bertemu dengan kawannya inisial Bw dan Mz di Batam. Dalam pertemuan itu, Junaedi sempat bercerita dan menjelaskan permasalahan yang membelitnya di Kejaksaan Tinggi Kepri dan meminta bantun keduanya.

Kepada Junaedi, Fr dan Bw serta Mz menyanggupi pengurusan penyelesaian perkara kasusnya tersebut di kejaksaan Tinggi Kepri.

Sebagai tindak lanjut, pada 16 Juni 2020 lalu, Fr dan Bw yang mengaku berada di Tanjungpinang, menghubungi Junaedi untuk bertemu di hotel CK.

Dalam pertemuan itu, dengan membawa nama Kepala Kejaksaan tinggi Kepri, Fr dan Bw mengatakan pada Junaedi agar menyediakan uang Rp.1 Miliar untuk mendapatkan SP3 status tersangkanya di Kejaksaan tinggi Kepri.

Atas permintaan itu, Junaedi sempat mengatakan, “Saya tidak punya uang sebanyak itu,”ujarnya, sebagai mana dikatakan korban kepada Polisi.

Namun demikian, Junaedi akhirnya mengatakan, akan berusaha mencari uang tersebut dan berjanji untuk memberikan separuhnya dahulu Rp.500 juta dari Rp.1 Milliar yang disepakati sebagai DP.

Setelah dicari dan uang terkumpul, hari itu juga Junaidi kembali menemui Fr dan Bw di Hotel CK untuk menyerahkan Rp 500 juta uang penyelesaian perkaranya di Kejaksaan Tinggi Kepri itu.

Namun oleh Fr dan Bw meminta pada Junaedi, agar uang tersebut jangan diserahkan di Hotel CK, ke dua pelaku meminta Junaedi agar menyerahakan uang itu di luar hotel.

Saat itu juga, Fr dan Bw mengajak Junaedi keluar ke jalan Dompak Km 8 depan TCC Mall Tanjungpinang. Junaedi sendiri mengikuti Fr dan Bw dari belakang ke depan TCC jalan Dompak.

Sesampainya disana, Junaedi menyerahkan dana Rp.500 juta DP untuk pengurusan kasusnya itu di Kejati Kepri kepada Fr dan Bw yang ternyata adalah penipu.

Setelah beberapa hari penyerahan uang, SP3 penetapan Tersangka Junadi di kejaksaan Tinggi Kepri tidak kunjung keluar, bahkan hingga saat ini Junaedi mengaku masih menjadi tersangka dugaan korupsi tambang Bauksit di Kajati Kepri.

Ketika Junaedi menanyakan masalah penyelesaian kasusnya kepada Fr dan Bw pada 22 Juni 2020, malah kedua penipu berkedok “Markus” yang mengatasnamakan Kejati Kepri itu, kembali meminta sisa dana Rp.500 juta dari yang sebelumnya disepakati.

Sadar dirinya tertipu, akhirnya Junaedi melaporkan ke dua pelaku ke Polres Tanjungpinang dengan kerugian Rp.500 juta.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP.Rio Reza Perandi mengatakan, penangkapan terhadap Fr dilakukan atas laporan korban Junaedi atas pemberian dana “Suap” Rp.500 juta yang dijanjikan pelaku untuk mengurus kasusnya di Kejaksaan Tinggi Kepri.

“Yang melaporkan adalah korban Junaedi dari Mitra BUMDES MJ. Korban mengaku ditipu oleh kedua orang yang dapat menyelesaikan kasus yang menjeratnya di Kejaksaan Tinggi Kepri,”ujar Reza Sabtu,(27/6/2020).

Tersangka Fr lanjut Rio, diamankan disebuah Cafe di Tiban kota Batam. Sementara satu terduga pelaku lainya inisial Bw, masih dilakukan pengejaran.

Penulis:Roland/Redaksi

Comments
Loading...