Ultimate magazine theme for WordPress.
Bhayangkara 74

Kasus Kosmetik Ilegal, BPOM Tetapkan Sameta Tersangka

Foto Petugas dan penyidik BPOM Tanjungpinang saat melakukan penggerebekan dan pemeriksaan terhadap ratusan aitem Kosmetik tanpa izin edar di sebuah ruko di Tanjungpinang.?

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tanjungpinang menetapkan 1 tersangka atas nama Sameta, sebagai pemilik dan pengedar 142 item dan 1.259 pices kosmetik tanpa izin yang digerbek di Tanjungpinang beberapa waktu lalu.

Penetapan tersangka Sameta ini, ditandi dengan pengiriman Surat Pembertahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) atas nama tersangka Sameta oleh BPOM ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang.

Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejaksaan negeri Tanjungpinang, Wawan Rusmawan mengataka SPDP nomor SPDP/569/X/2020/BPOM atas nama tersangka Sameta dalam kasus kosmetik tanpa izin edar itu disampaiakan Badan Pengawasan Obat dan Makan (BPOM) Tanjungpinang.

“SPDP nya sudah kami terima, atas nama tersangka Sameta, Disangka melanggar pasal 197 Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 Tentang Kesehatan,”kata Wawan saat di konfirmasi PRESMEDIA.ID,Senin (29/6/2020).

Saat ini lanjut Wawan, pihaknya masih menunggu Berkas Perkara dari Pihak Penyidik, untuk dilimpahakan ke Kejaksaan Negeri.

Sebelumnya, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Tanjungpinang menggrebek tempat penyimpanan 142 item dengan 1.259 pices kosmetik tanpa izin edar di ruko jalan Gatot Subroto Kota Tanjungpinang, Selasa (23/6/2020) lalu.

Pengrebekan dilakukan berawal dari informasi masyarakat yang disampaikan kepada petugas Kantor BPOM Kota Tanjungpinang, bahwa Kosmetik tanpa izin berdar luar di Tanjungpinang.

Bersama lintas sektor Satnarkoba, Satreskrim Polres Tanjungpinang, Satpol PP, Disperindag dan Dinkes Tanjungpinang melakukan kegiatan penindakan terhadap produk kosmetik tanpa izin edar di sebuah ruko itu di jalan Gatot Subroto. Dari hasil penggerebekan tersebut, ditemukan 142 item dengan 1.259 pices kosmetik.

Penulis:Roland

Comments
Loading...