Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Bhayangkara 74

Gelar Workshop, Jurnalis di Kepri Dilatih Lawan Korupsi

Workshop Jurnalis “Lawan Korupsi” di Batam Provinsi Kepri.

PRRESMEDIA.ID,Batam-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bekerja sama dengan Tempo Institute dan Aliansi Jurnalis Indepnedn (AJI), menggelar pelatihan Jurnalistik bertema “Jurnalis Lawan Korupsi”. Pelatihan dilaksanakan di Kampus Uniba Batam, Selasa(6/8/2019).

Dalam pelatihan ini, KPK akan menghadirkan praktisi media, Akademisi serta juru bicara KPK sebagai pemateri kepada peserta Jurnalis umum dan jurnalis warga serta mahasiswa.

Pelatihan digelar selama delapan jam, dengan tiga pembicara, di antaranya Hendra Makmur dari Kordinator Wilayah AJI Indonesia dari media Langgam.id, Rektor Uniba Prof Dr Ir Chablullah Wibisono dan Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Kordinator Wilayah AJI Hendra Makmur, akan berbicara tentang etika dalam membuat berita sebagai produk jurnalistik dalam perspektif pencegahan korupsi. Sedangkan Rektor Uniba berbicara tentang pengaduan dan partisipasi masyarakat. Sedangkan juru bicara KPK Febri Diansyah memberi materi mengenai program pencegahan Korupsi yang dilaksanakan oleh KPK.

Baca Juga

Pelatihan pencegahan anti korupsi yang diselenggarakan KPK, AJI dan Tempo Institute ini, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan memberikan sudut pandang baru terkait dengan pencegahan korupsi di Indonesia.

Ketua AJI Batam, Slamet Widodo selaku panitia mengatakan, kota Batam menjadi kota ke tiga dari 10 kota yang direncanakan KPK yang mendapatkan pelatihan Jurnalis Lawan Korupsi ini.

“Pelatihan ini sangat penting bagi jurnalis, karena akan memberikan tambahan pemahaman mengenai isu-isu korupsi, terutama bagaimana meliput dan menulis berita terkait dengan pencegahan,”ujarnya.

Apa lagi lanjut Widodo, Provinsi Kepri baru saja mendapatkan pelajaran berharga dari KPK, seiring dengan ditangkapnya Gubernur nonaktif Nurdin Basirun bersama sejumlah pihak atas tuduhan menerima suap dan gratifikasi.

“Isu korupsi tak hanya sebatas penangkan dan penindakan saja, tetapi juga memiliki perspektif yang lebih luas, khususnya sejumlah sektor yang selalu rentan dengan Korupsi,”ujarnya.

Lima sektor yang rentan dengan isu korupsi itu, Lanjut Widodo adalah pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA), Pendidikan, Kesehatan, Dana Desa serta Pelayanan Publik.

“Jadi pelu kita manfaatkan kehadiran para pemateri dari akademisi, instruktur dari AJI Indonesia dan dari KPK, untuk menimba ilmu penulisan isu-isu korupsi ini,”kata Widodo.

Selain itu, lanjut Widodo, dari kegiatan ini, peserta diharapakan, akan dapat mengikuti lomba karya Jurnalistiknya pada Apresiasi Jurnalis Lawan Korupsi dengan tema “Cegah Korupsi,Hak Rakyat Kembali,” yang juga diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Acara ini sekaligus bersempena dengan peringatan ulang tahun ke-25 Aliansi Jurnalis Independen yang jatuh pada 7 Agustus besok,”ujarnya.(Presmedia)

Comments
Loading...