Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Tiang Penyangga Rusak 85 Persen, Penggunaan Jembatan II Dompak Ditutup

PRESMEDIA.ID,Tanjugpinang- Akibat kondisi tiang penyangga jembatan II Dompak kropos dan rusak 85 persen, Akses jalan penggunaan jembatan tersebut saat ini ditutup.Penutupan dilakukan Satlantas Polres Tanjungpinang, Satpol PP dan bidang Binamarga dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Provinsi Kepri, Rabu,(7/8/2019).

Penutupan dilakukan dengan cara membentangkan Plang besi dan larangan melintas bagi kendaraan roda 4 dijalan, 10 meter di sisi masuk dan keluar jembatan dari arah kantor gubernur Kepri di Dompak.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, penutupan dilakukan atas saran dan pertimbangan dari Bina Marga Dinas PUPR Kepri, setelah sebelunya dilakukan pengechekan kondisi tiang penyangga Jembatan II Dompak tersebut.

“Saat ini jembatan ditutup sementara, dan untuk pengendara kita batasi, dan sementara hanya bisa dilalui roda Dua dan untuk roda Empat atau lebih tidak lagi di perbolehkan melalui jembatan,”kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, Rabu (07/8/2019)

Ditutupnya akses penggunaan jembatan yang menghubungan Dompak darat dengan Pulau Dompak pusat pemerintahan Provinsi Kepri itu, dilakukan guna mengantisipasi bangunan jembatan rusak dan roboh.

Karena berdasarkan pengecheckan Bina Marga Provinsi Kepri, 85 persen kondisi tiang penyangga jembatan dalam kondisi rusakan dan kropos yang sangat parah.

Kabid Bina Marga PUPR Provinsi Kepri Hendrizal mengatakan, kondisi tiang penyanggah jembatan II Dompak, setelah dilakukan pengechekan dalam konfisi rusak parah, dan perlu perbaikan.

Belum adanya perbaikan dan pemeliharaan yang dilakukan selama ini, diakui Henrizal disebebkan tidak adanya dana pengawasan dan pemeliharaan terhadap Jembatan yang dialokasikan di APBD.

“Kalau tidak ada anggaran jelas susah. Dan hal ini akan kami identifikasi nanti dilapangan,” katanya.

Selain pengechekan di jembatan II, PUPR lanjut Hendrizal juga akan melakukan pengecekan tiang di jembatan 1 dan jembata 3.

“Jadi bukan hanya disini saja yang di check, tapi semuanya di tiga jembatan konfisinya akan dicek,”jelas Hendrizal.

Sebelumnya, Lurah Dompak, Heri Susanto menuturkan pihaknya mengetahui kondisi tiang jembatan yang rusak itu dari warga yang mengirimkan foto dari aplikasi WhatsApp. Pihaknya pun langsung turun ke lokasi untuk mengecek langsung kondisi jembatan dua Dompak sesuai foto yang dikirim itu.

“Kita langsung melakukan pengecekan dan ditemukan kondisi tiang Penyangga memang sangat memprihatinkan dan bebrbahaya bagi pengguna jalan,” jelasnya.(Presmedia)

Comments
Loading...