Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Biaya Perjalanan Dinas dana Makan-Minum Puluhan Miliar, Biaya Perawatan Jembatan 9 Tahun Nihil

Tiang penyangga jembatan II Dompak yang Keropos

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Pemerintah provinsi Kepri mengakui, kropos dan memprihatinkanya kondisi Jembatan II Dompak, disebabkan korosi dan tidak pernah dipelihara. Hal itu disebabkan, dana pemeliharaan jembatan tersebut tidak pernah dialokasikan selama 9 tahun di APBD Kepri.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan alokasi dana makan minum dan dana perjalanan dinas pejabat provinsi Kepri, yang setiap tahunya dianggarkan puluhan bahkan ratusan milliar di APBD Kepri.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Kepri, Hendrija mengakui, kerusakan tiang penyanggah jembatan II Dompak itu merupakan akibat kesalahan pemerintah yang tidak pernah melakukan pemeliharaan terhadap jembatan, dikarenakan mulai dari selesai pembangunannya pada 2010 lalu hingga saat ini, pemerintah provinsi Kepri tidak pernah mengalokasikan Anggaran pemeliharaan jembatan tersebut di APBD Kepri.

“Kalau ditanya sebab, sudah pasti sebabnya korosi akibat lama air laut. Dan memang tidak pernah dilakukan pemeliharaan, akibat alokasi dana pemeliharaan dan perawatan jembatan ini memang ada, dan selama tidak dianggarkan,”katanya.

Jembatan II Dompak

Dengan demikian, lanjut Hendrija, sudah 9 tahun jembatan alternatif yang menghubungkan Pulau Dompak dan Tanjungpinanh itu tak pernah dirawat.

Saat ini jelas Hendrija, Dinas Pekerjaan dan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Provinsi Kepulauan Riau akan menurunkan tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan dari Kementerian PUPR untuk melakukan investigasi langsung terhadap kondisi tiang penyangga jembatan II Dompak tererbut.

Melalui tim tersebut, nanti akan diketahui tingkat kerawanan jembatan itu serta solusi yang diambil agar jembatan itu bisa segera difungsikan.

“Secara kasat mata kondisi tiang penyangga jembatan II itu hampir 85 persen rusak parah. Dan seluruh tiang baja dikedua sisi jembatan mengalami keropos akibat korosi (perkaratan, red),”katanya.

Untuk saat ini kata Hendrija, pihaknya akan tetap menutup akses jembatan II Dompak hingga tim dari Kementerian PUPR menginvestigasi kasus jembatan tersebut.

“Mengenai dana pemeliharaan, nanti pada APBD Perubahan 2019 Pemprov Kepri akan dialokasikan anggaran untuk perbaikan,”ujarnya.(Presmed1).

Comments
Loading...