Ultimate magazine theme for WordPress.

Kepsek Mengadu Ke Plt.Gubernur, M.Dali: Bahaya Kepala Sekolah Ini..!

Kepala dinas Pendidikan Kepri M.Dali.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Wacana reshuffle dan perombakan pejabat Dinas Pendidikan oleh Plt.Gubernur Kepri ditanggapi biasa oleh Kepala dinas Pendidikan Provinsi Kepri M.Dali.

Selain mengaku belum pernah mendengar, M.Dali mengatakan, reshuffle pejabat OPD termasuk dinas pendidikan provinsi Kepri memang merupakan kewenangan Kepala Daerah.

“Bagi saya sih tidak ada masalah, Saya kalau di reshuffle itu kewenangan pak Gubernur,”ujarnya pada PRESMEDIA.ID Senin (6/7/2020).

Terkait dengan pengaduaan Kepala sekolah ke Gubernur yang mengaku, banyak pengadaan barang yang diadakan dinas pendidikan dan diberikan ke sekolah tidak sesuai dengan yang dibutuhkan sekolah, M.Dali malah menyalahkan pihak sekolah yang tidak memanfaatkan sejumlah alat yang diadakan dinas pendidikan secara maksimal.

“Waduh bahaya Kepala-Kepala Sekolah ini,”kata M.Dali.

Sebenarnya, lanjut Dia, justeru sekolah yang tidak memanfaatkan pengadaan yang diberikan dinas pendidikan secara maksimal.

Karena lanjut M.Dali, seperti pengadan 2,000 unit lebih Laptop dari dinas pendidikan, diadakan berdasarkan data kekurangan kebutuhan Laptop di sekolah dalam pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) serta menunjang pembelajaran lainya, demikian juga pengadaan sejumlah sofware bahan ajar lainya yang diadakan dinas pendidikan.

“Hari inikan kita terus melakukan pengembangan-pengembangan pembelajaran yang maju dan menuju pada kebutuhan dunia Pendidikan, Tapi pihak sekolah terkadang tidak memahami hal itu,”ujarnya.

Pengadan barang didinas pendidikan lanjut Dali, direncanakan dan dibawa ke Musrenbang atas ajuan dari kunjungan kerja pejabat-pejabat dinas pendidikan dan pejabat pembina sekolah.

“Seperti saya kalau turun, tentu ada permintaan kepala sekolah, baru ditampung dan direncanakan, serta dibawa ke Musrenbang dan masuk dalam program pengajuaan anggaran ke Dewan melalui APBD,”ujarnya.

Terkait dengan tudingan, pengadaan barang didinas pendidikan diduga menjadi ajang Busnis tahunan oknum pejabat dinas pendidikan dengan anggota DPRD Kepri, M.Dali mengaku tidak terlalu mencampuri hal tersebut, karena menurutnya setiap proyek memang sarat dengan Busnis.

“Kita ini kan pelaksana, dan menyusun perencanaan pengadaan sesuai dengan usulan secara bertahap yang kemudiaan diajukan dalam program dinas pendidikan ke DPRD Kepri,”ujarnya.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau Isdianto berencana merombak para pejabat di Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri. Hal itu disebabkan banyaknya persoalan yang timbul terhadap kepentingan bisnis proyek yang tidak mengarah pada perbaikan pendidikan di provinsi Kepri di dinas pendidikan Kepri.

“Saya sudah dapat informasi dari sejumlah Kepala sekolah, banyak proyek pengadaan yang dilakukan dinas pendidikan, ternyata bukan sarana yang dibutuhkan sekolah, tetapi setiap tahun selalu dilaksankan,”ujar Isdianto pada wartawan Senin, (6/7/2020).

Akibatnya,lanjut Dia, sekolah sebenarnya butuh sarana A, tapi yang dikasih justeru sarana B, yang tidak dibutuhkan sekolah, hingga tidak dapat digunakan.

“Maka dari itu pejabat di Dinas Pendidikan ini harus direshuffle dan saya akan mencari orang yang kompeten dibidang-nya, hingga tidak ada yang berbisnis proyek pengadaan setiap tahun,”kata Isdianto pada wartawan Senin (6/7/2020).

Isdianto menerangkan, alasan keinginannya untuk merombak para pejabat di Disdik ini dikarenakan adanya komunikasi yang tersumbat antara pihak sekolah dan dinas pendidikan, Sehingga, kebijakan yang diambil tidak menyelesaikan masalah.

Ia mencontohkan, dari pengakuan Kepala sekolah yang ditemui, misalnya ada usulan kepala sekolah (Kepsek) demi menunjang perbaikan dan kemajuan sekolah, tapi malah tersumbat dan justeru yang diadakan Disdik yang lain-lain.

“Sehingga kebijakan yang diambil selama ini tidak menyelesaikan persoalan. Semisal, sekolah minta meja malah diberikan kursi, kan tidak nyambung,”ucapnya.

Kondisi ini, menurut Isdianto, tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. mengingat, pendidikan merupakan kebutuhan dasar yang harus diutamakan, karena melalui pendidikan yang baik lahirlah SDM yang unggul di Provinsi Kepri.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...