Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Bertemu Konsul AS, Isdianto Bahas Pariwisata, Investasi dan Pengembangan SDM

Konsul AS untuk Sumatra Guy Margalith saat melakukan pertemuan dengan Plt.Gubernur Kepri Isdianto di Graha Kepri Batam.(Ist)

PRESMEDIA.ID,Batam- Bertemu dengan konsul Amerika Sekat (AS) untuk Sumatera, Guy Margalith. Plt.Gubernur Kepri Isdianto membahas peningkatan kerja sama bidang Pariwisata, Investasi dan Pembangunan Sumber Daya Mausia (SDM). Isdianto menerima Konsul AS untuk Sumatera di Graha Kepri, Batam, Jumat (9/8/2019).

Isdianto mengatakan, kemitraan Indonesia dan provinsi Kepri dengan Amerika Sarikat terus mengalami peningkatan. Banyak kerja sama yang bisa dilakukan, seperti pariwisata, pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan investasi di Kepri.

“Kemitraan AS dan Indonesia yang sudah 70 tahun berjalan, akan lebik baik ke depan. Kerja sama akan semakin ditingkatkan khusunya dalam bidang pariwisata, investasi dan pengambangan SDM”kata Isdianto.

Isdianto juga mengucapkan trimaksih atas kunjungan Guy Margalith yang datang ke Kepri. Dalam pertemuan itu, Isdianto juga memaparkan, bahwa masa depan pariwisata di Kepri sangat bagus dan kedepan akan terus dibenahi. Kepada Guy, Isdianto menawarkan investasi bagi pengusaha AS di Kepri dan masyarakat Kepri akan sangat senang menyambut investasi dari Amerika tersebut.

“Pariwisata di Kepri sangat menjanjikan. Membangun infrastrtuktur untuk pariwisata juga sangat kita perlukan. Kalau ada investor untuk itu, kita beri kemudahan,”kata Isdianto yang dalam pertemuan itu didamping Asisten Perekonomian Syamsul Bahrum dan Kepala Biro (Karo) Ekonomi Heri Andrianto.

Kepri lanjut Isdianto, berbeda dengan daerah lain, karena 96 persen wilayahnya merupakan laut dan hanya empat persennya daratan. Namun demikian, panorama alam Kepri sangat luar biasa indahnya. “Saat ini provinsi Kepri urutan nomor dua selah Bali, provinsi yang paling banyak kunjungi wisatawanya dan jumlah kunjungan wisatawan ke Kepri dapat mengalahkan Jakarta,”ujar Isdianto.

Soal keindahan Kepri, Guy juga mengakui, dan saat bersalaman dengan Isdianto, Guy mengatakan, pertemuan ini memang untuk merayakan hubungan kemitraan 70 tahun AS dan Indonesia. Juga untuk semakin mengimplementasikan kerja sama dua negara.

“Kehormatan besar untuk saya dengan kunjungan ini. Saya tinggal bertanya tentang provinsi yang indah ini. Indah sekali,”kata Guy yang mengaku belum lama tiba dari Medan.

Guy Margalith yang didampingi Staf Ahli Politik dan Ekonomi Rachma Jaurinata mengatakan, perdagangan dan investasi memang menjadi prioritas utama AS di Indonesia. Terutama mengenai infrastruktur.

Mendengar Isdianto menyebut pariwisata Kepri jumlah kunjungan wisataanya nomor dua setelah Bali, Guy menyebutkan itu suatu keberhasilan.Dan dia tahu bahwa pariwisata Kepri memang sanga menarik.

Kepada Plt.Gubernur, Guy juga membincangkan ekonomi digital yang terus tumbuh di Kepri, Dia juga mengaku senang, ada Apple yang sudah masuk ke daerah ini.

Yang menjadi fokus perbincangan, juga tentang pengembangan sumber daya manusia. Baik pertukaran pemuda, melanjutkan pendidikan di AS atau training untuk pegawai negeri dan lainnya.

Menurut Guy, pertukaran pemuda AS sudah banyak dilaukan, dan pihaknya ingin program tersebut terus dilanjutkan, Karena manfaat program tersebut tidak hanya untuk Kepri, Tetapi juga untuk rakyat Amerika Sarikat.

“Melalui program ini, juga menjadi kesempatan warga AS untuk tahu lebih banyak tentang Kepri. Belum lama ini ada program Education USA, yang mau sekolah di AS diberi konsultasi secara gratis. Kami berharap program ini dapat terus dilanjutkan di Kepri,”ujarnya.

Di akhir pertemuan, Plt.Gubernur Kepri Isdianto juga menyerahkan batik sebagai kepada Guy sebagai cenderamata. Batik gonggong berwarna kuning emas itu diterima Guy dengan senang hati.”Terima kasih. Ini batik pertama yang saya terima dari Indonesia,” kata Guy.(Presmedia)

Comments
Loading...