Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

KPU Kepri Gelar Pleno Putusan MK dan Penetapan Calon Legislatif DPRD Kepri Hari Ini

Komisioner KPU Kepri Agung Widiyono (Presmedia)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepri, di jadwalkan hari ini Sabtu,(10/8/2019) akan menggelar pelno putusan Mahkamah Konstitusi atas Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) DPR dan DPRD Provinsi Kepri 2019.

Komisioner KPU Kepri bidang devisi Hukum Widiyono Agung mengatakan, Pleno KPU atas Putusan MK DPRD Kepri ini, dilakukan atas dikabulkanya gugatan kader Partai Gerindra Nyanyang Haris terhadap Asnah dalam perolehan suara DPRD Kepri dapil IV Kepri di Batam.

“Setelah Pleno Putusan MK, selanjutnya akan kami laksanakan pleno penetapan anggota legislatif hasil Pemilu 2019 hari ini juga,”ujar Agung kepada PRESMEDIA.ID,Sabtu,(10/8/2019).

Devisi hukum komisioner KPU Kepri ini juga mengatakan, secara umum dari 11 lokus gugatan PHPU yang dilakukan 7 Partai Politik di Kepri, 8 permohonan PHPU yang diajukan dinyatakan gugur dan di tolak seluruhnya oleh MK. Sedangkan 3 lokus dengan 3 Partai, dinyatakan diterima sebagian.

Baca Juga

KPU Bintan Musnahkan Logistik Pemilu 2019

“Yang pertama, PHPU yang diajukan PDIP dapil Bintan, itu diterima sebagian, Tetapi tidak mengubah perolehan kursi, yang awalnya selisih 8 antara kader PDIP dengan PKS, menjadi tingal selisih 5, dan perolehan kursi tetap dimenangkan PKS,”sebut Agung.

Kemudian yang kedua, lanjut Agung adalah gugatan PHPU yang diajukan masing-masing kader Golkar antara Amran dan Aisyah. Setelah dilakukan pembukaan kota suara di MK, ditemukan total jumlah suara Amran termasuk sedikit dibandingkan Aisyah. Hingga dalam gugatan PHPU ini MK menyatakan Aisyah yang tetap memperoleh suara terbanyak.

“Sedangkan gugatan PHPU kader Gerindra di dapil 4 Provinsi Kepri antara Nyanyang Harris dan Asnah. MK menyatakan menerima sebagian permohonan Nyanyang Harris dan menyatakan perolehan suara Nyanyang lebih unggul dari Asnah,”sebutnya.

Seluruh putusan permohonan PHPU ini kata Agung, saat ini sudah diterima KPU, hingga pada hari ini pukul 14.00 Wib akan dilakukan pleno Penetapan Keputusan KPU dan Pleno Penetapan Calon Legislatif DPRD Kepri hasil Pemilu 2019 di Hotel CK Tanjungpinang. (Presmedia)

Comments
Loading...