Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Hari Kemerdekaan RI, Rutan Tanjungpinang Usulkan 135 Warga Binaan Dapat Remisi

Rutan Kelas IA Tanjungpinang
Rutan Kelas IA Tanjungpinang

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Rumah Tahanan Kelas IA, Tanjungpinang mengusulkan 135 orang Warga Binaan (WB) mendapat Remisi Umum (RU) ke presiden melalui menteri Hukum dan HAM di hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun. Jika dikabulkan, sebanyak 9 orang dari Warga Binaan Rutan itu dapat langsung bebas.

Kepala Seksi Pelayanan Tahanan, Said menuturkan, pemberiaan remisi pada Napi di Rutan kelas IA Tanjungpinang itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah nomor 99 tahun 2012 tentang perubahan kedua PP nomor 32 tahun 1999 tentang Syarat dan Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Pemberian remisi juga didasarkan pada penilaiaan dan kelakuan Napi, dan bentuk remisi yang diberikan selain pengurangan tahanan dari total pidana yang dijalani.

“Jadi dari 9 orang Napi itu, 8 orang langsung bebas saat pemberian remisi. Sedangkan satu orang masih harus menjalankan subsider tiga bulan kurungan. Setelah selesai menjalankan hukuman subsider itu, baru dia langsung bebas,”ujar Said, Sabtu (10/8/2019).

Said melanjutkan, untuk sembilan orang napi yang mendapat remisi bebas merupakan napi perkara pidana umum dan tidak termasuk Napi Korupsi atau Narkoba.

Sedangkan Napi Korupsi dan Narkoba, dari total 135 orang juga ada juga yang diusukan mendapat remisi sesuai dengan mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Mengenai jumlah yang dikabilkan, tentu menunggu Keputusan dari Kementerian pusat,”sebutnya.(Presmedia).

Comments
Loading...