Ultimate magazine theme for WordPress.

Pariwisata Kepri Mulai Dibuka, Hotel dan Wahana Permainan di Lagoi Tawarkan Promo

Plt.GUbernur Kepri Isdianto

PRESMEDIA.ID,Bintan- Pemerintah provinsi Kepri secara resmi hari ini Sabtu (11/7/2020) mulai membuka aktivitas dan kegiatan pariwisata di Kepri pada fase New Normal atau kenormalan baru pandemi COVID-19.

Plt.Gubernur Kepri Isdianto mengatakan, pembukaan sektor pariwisata lokal Kepri itu, dilakukan pada sejumlah hotel dan wahana permainan di Batam dan Bintan dengan protokoler kesehatan.

“Hal itu sesuai dengan keputusan dan arahan pusat yang memperbolehkan kawasan wisata lokal dibuka pada fase new normal. Untuk di Kepri pembukaannya kita lakukan di Batam,”ujar Isdianto di Tanjungpinang Jumat (10/7/2020) kemarin.

Sementara untuk kedatangan wisatawan luar ke Indonesia, Isdianto mengatakan pihaknya juga sudah menyurati pemerintah dan kementerian pusat dan saat ini pemerintah masih terus melakukan pengkajian.

“Untuk wisatawan luar negeri, tergantung keputusan pusat, dan Kepri juga sudah meminta, pemerintah pusat masih terus melakukan pengkaji,”ujarnya.

Hotel dan Wahana Wisata di Lagoi Tawarkan Promo

Sementara itu, seluruh hotel, resort, wahana permainan dan restoran di Kabupaten Bintan mulai dibuka bagi wisatawan domestik baik dari provinsi ini maupun luar Kepri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bintan, Wan Rudi Iskandar, mengatakan promo besar-besaran yang dilakukan seluruh penginapan tersebut telah menjadi daya tarik sehingga wisatawan domestik berminat untuk mengunjungi dan menginap disana.

“Tidak hanya hotel, resort, wahana permainan dan restoran di Kawasan Pariwisata Lagoi saja yang berikan promo di era new normal ini. Tapi penginapan di Pantai Trikora, Galang Batang dan lainnya juga promo besar-besaran,”ujar Wan Rudi, Jumat (10/7/2020).

Untuk di Lagoi ada belasan penginapan, wahana permainan dan restoran yang dibuka untuk domestik. Ada juga beberapa yang masih mempersiapkan kegiatan protokol kesehatan. Namun sifatnya untuk di internal tapi tidak banyak karena protokol kesehatan di Lagoi dengan tempat wisata lainnya beda.

Untuk Pantai Trikora penginapan yang telah dibuka adalah Madu Tiga, Serumpun Padi SPE, Bintan Nemo, Marjoli, dan lainnya. Kemudian di Galang Batang The Residen, Loola Resort serta di luar dari itu ada Desa Wisata Ekang, Poyotomo, The Bintan Villa.

“Diantara semu penginapan hanya di Lagoi yang baik dan sangat ketat. Karena harus ada hasil Rapid Diagnostic Test (RDT) sedangkan yang ke Trikora dan Galang Batang hanya diminta pakai masker jaga jarak dan selalu cuci tangan,” jelasnya.

Dari seluruh penginapan yang ada di Kabupaten Bintan hanya 3 penginapan yang tak dibuka dan tidak terima tamu domestik. Penginapan itu milik Grup Agro yaitu Agro Resort, Sahid Hotel, Bintan Coral.

Tiga penginapan itu hanya menerima wisatawan mancanegara (wisman). Khususnya wisman asal Cina karena pasar wisatanya berasal dari negeri tirai bambu tersebut

“Tiga hotel belum buka untuk wisman dalam negeri tapi hanya garap wisman Cina. Makanya mereka masih nunggu kebijakan wisata asing masuk ke indonesia,” ucapnya.

Disbudpar Bintan terus melakukan koordinasi agar pemerintah pusat mengeluarkan kebijakan untuk membuka pintu wisma dari Singapura.

“Kita koordinasi terus tapi kayaknya pusat lagi pusing sekarang. Kasus covid-29 ngak turun-turun malah melandai makin naik, nih dalam 1 hari bisa 2650 orang pasien positif,” katanya.

Penulis:Hasura/redaksi

Comments
Loading...