Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Idul Adha, Sekda Kepri Ajak Masyarakat Teladani Pengorbanan Nabi Ibrahim

Sekda Kepri TS.Arif Fadillah saat memberikan amanah pada perayaan Idul Adha 1440 H di Masjid Raya Nur Ilahi Pulau Dompak Tanjungpinang (Ist)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Sekretaris Daerah Provinsi Kepri H TS.Arif Fadillah merayakan Idul Adha 1440 H dengan shalat Idul Adha 10 dzulhijah 1440 H/2019 M di Masjid Raya Nur Ilahi Pulau Dompak, Tanjungpinang,Ahad (11/08/2019).

Pada kesempatan itu, TS.Arif Fadillah mengajak masyarakat muslim provinsi Kepri, meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail yang begitu besar dalam menjalankan kehidupan. Suasana Idul Adha, dikatakan Arif kembali menjadi pengingat bagi umat agar senantiasa dapat mempelajari kisah Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail yang menjadi cikal bakal sejarah dari idul adha.

“Kembali kita mengenang perjuangan Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail yang begitu besar, patutlah kisahnya tersebut menjadi teladan bagi kita dalam menjalankan kehidupan,”ajak Arif.

Salah satunya lanjut dia, adalah dalam hal berkurban hewan (kambing/sapi) harus menjadi manfaat yang besar bagi kaum dhuafa dan masyarakat yang membutuhkan.

“Ini menjadi makna tersendiri bagi kita untuk terus peduli dengan kaum dhuafa dan masyarakat yang membutukan,”jelasnya.

Arif juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun Provinsi Kepri dengan terus menjalin kebersamaan dan silaturahim, Hingga, tujuan pembangunan dapat tercapai dengan maksimal dan merata. Sekda Arif yang saat itu mewakili Plt.Gubernur, juga mengucapkan selamat menjalankan hari raya Idul Adha kepada seluruh masyarakat muslim yang ada di Kepulauan Riau.

“Saya atas nama Pemerintah, Keluarga dan Pribadi, mengucapkan selamat menjalankan hari raya idul adha 1440 H/2019 hari ini,”ujar Arif.

Bertindak sebagai khatib, pada Sholat Idula Adha saat itu adalah, Ketua MUI Provinsi Kepri KH.Azhar Hasyim. Dalam khotbahnya,KH.Azhar Hasyim mengatakan, mengenang kembali perayaan Idul Adha, tentu teringat kisah kehidupan Nabi Ibrahim beserta Istri Siti Hajar dan Anaknya Nabi Ismail, yang bermakna begitu dalam bagi hamba Allah untuk menginginkan kehidupan yang bersih.

Azhar mengatakan, ada sejumlah hikmah dan pelajaran yang dapat dipetik dari peristiwa ketiganya. Pertama, Berusaha untuk berkhusnudzon (berbaik sangka) kepada Allah SWT, Kedua semangat mencari rezeki dan yang ke tiga semangat berkurban dan ke empat pendidikan.

Usai shalat id, Sekda Arif yang didampingi Istri Hj.Rismarini Arif Fadillah juga menyerahkan dua ekor sapi secara simbolis kepada panitia qurban masjid Raya Nur Ilahi Tanjungpinang sebagai kurban dalam perayaan Idul Adha 1440 Hijriah tersebut.(Presmedia).

Comments
Loading...