Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Pemprov Kepri dan Ombudsman Kepri Teken MoU

Sekda Kepri TS.Arif Fadillah disaksikan Plt.Gubernur berama ketua ombusmen kepri, Menandatangani MoU Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik dalam meningkatakan Pelanan Publik di Kepri (Ist)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan dan Ombusman Perwakilan Kepri melakukan penandatanganan komitmen bersama dalam Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang terprogam dalam Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

Penandatangan MoU antara Ombusment dan pemerintah provinsi kepri dilaksanakan di ruang rapat utama lantai 4 kantor Gubernur,Dompak,Tanjungpinang, Senin (12/8/2019).

Plt.Gubernur Kepri H.Isdianto menjadi saksi atas penandatanganan komitmen bersama antara Sekdaprov Kepri H.T.Said Arif Fadillah dan kepala Perwakilan Ombudsman Kepri Lagat Patar Paroha Siadari yang juga dihadiri jajaran kepala OPD di Kepri.

Dalam sambutannya Plt.Gubernur Isidanto mengatakan, apa yang menjadi cita-cita Ombudsman, dalam mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat, juga merupakan cita-cita Pemerintah Provinsi Kepri.

“Kita seprinsip dan kita sependapat. Apapun alasannya, pelayanan kepada masyarakat harus kita utamakan dan selalu prima,”kata Isdianto pada kesempatan ini.

Kepada Ombusmen, Isdianto juga meminta agar dalam melakukan penilaian terhadap pelayanan publik yang ada di Kepri tidak serta-merta disamakan kriterianya dengan daerah lain. Karena, menurut Isdianto, kondisi provinsi Kepri, sangat unik dan wilayah lautnya lebih luas dari derah lain.

“Antara satu daerah dengan daerah lainnya, hanya bisa ditempuh dengan kapal laut. Sementara cuaca di laut Kepri tidak selamanya sama, kadang tenang dan terkadang badai. Hal-hal seperti ini harus diperhatikan,”Ujar Isidanto.

Peerintah Provinsi Kepri lanjutnya, juga memiliki komitment yang kuat dalam memberikan melayani yang prima pada masyarakat.

“Bahkan terkadang, kita harus melawan ombak dan badai untuk blusukan ke pulau-pulau. Dan itulah bentuk komitmen kita dalam melayani masyarakat. Makanya kita minta agar kriteria pelayanan prima untuk daerah kelautan tidak disamakan dengan daerah daratan,”ujar Isdianto.

Atas penandatangan Mou, Isdianto mengapresiasi komitmen bersama SP4N antara Pemprov dan Onbudsman itu. Ia berharap, kerjasama yang baik tersebut kedepannya benar-benar bisa memacu peningkatan kwalitas pelayanan publik di seluruh pelosok Kepri.

Kepala Perwakilan Ombusman Kepri Lagat Patar Paroha Siadari mengatakan, keberadaan Ombudsman perwakilan Kepri ini ditujukan untuk memperpendek rentang kendali bagi masyarakat yang inhin mengadukan keluhannya terhadap pelayana Pemerinta.

Pada dasarnya rata-rata masyarakat hanya menginginkan pelayanan yang baik dan prima dari pemerintah. Dengan kriteria cepat pelayanan, tepat pelayanan, tidak bertele-tele dan petugas selalu berada ditempat.

“Rata-rata keluhan masyarakat yang masuk ke Ombudsman karena ketidakpuasan mereka atas pelayanan Pemerintah. Kadang petugas tidak ditempat, petugas tidak ramah dan sebagainya. Oleh sebab itu kita harap dengan adanya kokitmen bersama ini setidaknya keluhan masyarakat seperti itu bisa kita minimalisir,”kata Lagat.

Sementara Sekretaris daerah Provinsi Kepri, TS.Arif Fadillah berharap, agar SP4N yang dia tandatangani bersama Ombudsman Kepri, bisa berdampak baik bagi pelayanan publik di Kepri hingga ke tingkat Kabupaten dan Kota.(Presmedia)

Comments
Loading...