Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Mendagri Perbolehkan Plt.Kepala Daerah Rotasi Pejabat, Isdianto “Bekerjalah Profesional”

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan, rotasi jabatan yang dilakukan oleh Plt Kepala Daerah tidak bertentangan dengan Undang-Undang 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Bahtiar mengatakan, sesuai pasal 65 UU UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah Daerah, disebutkan selama kepala daerah sedang menjalani masa tahanan seluruh tugas kewenangannya sebagai kepala daerah diambil alih oleh wakilnya.

“Sehingga tidak ada larangan seorang Plt itu melakukan rotasi jadi silahkan,”ujarnya saat dikonfrimasi wartawan Senin,(12/8/2019).

Kendati demikian lanjut Bahtiar, untuk melaksanakan rotasi perangkat daerah, seorang Plt Gubernur harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan Menteri Dalam negeri, hal itu sesuai dengan telah diatur dalam UU No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.

Apabila Kemendagri menyetujui usulan rotasi itu lanjut Bahtiar, makan Plt tetap harus melaksanakannya sesuai dengan prosedur serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan dalam proses rotasi pejabat di lingkup pemerintah daerah.

“Kalau mau yang di rotasi itu pejabat eselon II tentu pelaksanannya harus melalui asessment dan jika untuk mengisi kekosongan wajib melalui proses open bidding,”pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Plt Gubernur Kepri Isdianto membantah issu dirinya akan merotasi sejumlah jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Provinsi Kepri.

Rotasi, kata Mantan Wakil Gubernur ini, bakal dilakukan, apabila dalam perjalanannya ada pejabat yang menurut penilaiannya tidak dapat bekerja secara profesional.

Selain itu, Isidanto juga mengatakan, berencana menempatkan pejabat-pejabat dari seluruh kabupaten kota di Provinsi Kepri yang dianggapnya profesional dan mumpuni, untuk mengisi posisi di jabatan di OPD Pemerintah Pemprov Kepri.

“Sampai saat ini tidak adalah rencana untuk itu (rotasi,red). Bekerja saja sesuai dengan aturan,” katanya.

Saat ini lanjutnya, pihaknya tengah fokus menjalankan pemerintahan sesuai dengan program pembangunan yang telah direncanakan. Dan meminta pada seluruh kepada OPD, bekerja dengan dengan profesional sesuai mekansime dan aturan hukum yang berlaku.

“Yang penting bekerja sajalah Profesional, sesuai dengan visi misi kita.Jangan ada pikiran yang lain-lain,”tegasnya.(Presmedia)

Comments
Loading...