Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Divonis Bersalah Curian Plat Baja, Tiga Terdakwa Bertanya, Pak Kapolda Pembelinya Kok Tak Diproses?

Terbukti lakukan pencuriaan secara bersekutu dengan Andi Cori, Terdakwa Julianta Mitra dan Sahbuddin menandatangani Tandatangani berita acara sidang, yang menghukum dirinya 1 tahun dan 3 bulan penjara.(Presmedia)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Tiga terdakwa pencurian plat baja jembatan Dompak yang divonis 1 tahun dan 3 bulan, masing-masing, Saiful, Julinta Mitra dan Sarbudin, mempertanyakan penyidikan Polda Kepri yang tidak kunjung memproses 3 terduga pembeli dan penampung 99 dari 166 plat baja yang diambil dan dicurinya secara bersekutu dengan terdakwa Andi Cori dan Andri Usman.

“Kami diponis bersalah, hanya karena ikut bersekutu, mengambilan plat baja jembatan Dompak. Tapi pembeli dan penampung besi Plat baja sampai saat ini tidak diproses, Atas dasar itu kami bertanya, “Pak Kapolda pembeli dan penampungnya kok tak di proses?,”ujar Saiful dan Sarbudin bertanya usai diputus majelis hakim di PN Tanjungpinang,Senin,(12/8/2019).

Para terdakwa ini juga mengatakan, jika pihaknya dijadikan tersangka dan terdakwa dalam kasus pencurian plat baja jembatan Dompak itu, Harusnya penyidik Polda Kepri juga segera memproses pembeli dan penpung plat baja besi curian itu, seperti Rifin, Sugi dan Hartojo alias Among.

“Karena tanpa uang pembelian plat baja jembatan Dompak yang disetorkan dan diterima Andi Cori, tidak mungkin kami dapat. Karena sifatnya kami hanya ikut apa kata Andi Cori,”tegas para terdakwa.

Sebelumnya, dalam amar putusan ke 3 terdakwa, Majelis Hakim PN Tanjungpinang secara tegas juga mengatakan, dari 177 jumlah plat baja besi jembatan Dompak yang sebelumnya milik PT.Nindiya Karya, diambil dan dijual Andi Cori dan Andri Usman tanpa hak kepada La Mane, Rifin, Sugi dan Hartojo alias Among.

Dari penjualan 99 Plat baja jembatan Dompak itu, Hakim menyebut, diantarkan Andri Usaman atas perintah Andi Cori, melalui La Mane ke gudang Rifin di Km 18 Kijang sebanyak 24 keping. selanjutnya ke pelabuhan Sri Payung km 6 Tanjungpinang sebanyak 12 keping yang dihantar Agus Supriono menggunakan lorry. Dan terakhir sebanyak 63 lembar ke gudag milik Hartojo alias Among.

Dari total 99 keping Plat Baja yang di jual dan dibeli, Rifin, Sugi dan Hartojo alias Among lanjut Hakim, Andi Cori menerima dana penjualan sebesar Rp.680 juta, yang terdiri dari Hartojo alias Among Rp.380 juta, Rifin melalui La Mane 150 juta, dan dari Sugi Rp.150 juta.

Selanjutnya, atas penerimaan dana penjualan plat baja besi jembatan Dompak itu, Andi Cori memberi bagian kepad 3 terdakwa, masing-masing Saiful memperoleh Rp.28,400,000,-, Sahbuddin Rp.33 juta dan terdakwa Julianta Mitra rp.29.900,000,-. Sedangkan sisanya dimiliki andi Cori dan sebagiaan digunakan untuk biaya operasional.(Presmedia)

Comments
Loading...