Ultimate magazine theme for WordPress.

Coklit Data Pemilih Provinsi Kepri Capai 311 Ribu Orang

Anggota Komisioner KPU Kepri saat menjelaskan pelaksanaan Coklit Data Pemilih Provinsi Kepri 2020.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se-Provinsi Kepulauan Riau telah melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) sebanyak 311.192 orang.

Jumlah itu masih sebagian dari 1.391.845 Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di Provinsi Kepri.

Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko mengatakan, berdasarkan data terbaru yang diterimanya hingga Selasa (21/7/2020) kemarin progres coklit DP4 sudah mencapai 22 persen.

Hasil tersebut terbilang sudah melebihi target yang ditentukan, mengingat tahapan coklit ini dimulai sejak 15 Juli lalu.

“Progres terus bertambah, karena rekan-rekan PPDP di lapangan terus melakukan pendataan,”ujarnya, Rabu (22/7/2020).

Ia menjelaskan, jumlah petugas PPDP yang bertugas melakukan pendataan DP4 sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 4.091 orang. Dari jumlah tersebut, sejauh ini baru 25 PPDP yang telah tuntas 100 persen mendata DP4 ditempatnya masing-masing.

Sedangkan, sisanya masih terus berupaya melakukan pencocokan hingga batas waktu 15 Agustus mendatang.

“Target kami dalam 3 pekan kedepan sudah selesai semua,” ucapnya.

Proses pelaporan hasil coklit lanjut dia, dilakukan secara berjenjang, mulai dari PPDP melaporkannya kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan, lalu ke Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK), KPU kabupaten/kota, dan terakhir KPU Provinsi.

Kemudian, setelah tahapan coklit ini selesai maka KPU akan menetapkan Daftar Pemilihan Sementara (DPS).

“Jadi hasil dari proses coklit ini akan ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Sementara, kemudian tahapan dilanjutkan dengan pemutakhira data pemilih hingga September mendatang” katanya.

Selain itu, ia menambahkan, sejauh ini belum ada kendala berarti yang dialami para PPDP dalam bertugas. Meski demikian, para PPDP tetap diwajibkan menaati protokol kesehatan dalam melakukan pendataan dari rumah ke rumah.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...