Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

TNI-AL Gelagi Tugas Tempur Kapal Tingka 3 Di Lingga

Isdianto:Kepri Akan Semakin Jaya Di Laut

Plt.gubermur Kepri Isdianto dengan KASAL Laksamana Yudo Margiono.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Pemerintah Provinsi Kepri menyambut baik dan mendukung Latihan Gelagi Tugas Tempur Kapal Tingkat 3 yang dilaksankan TNI-AL di laut Lingga Provinsi Kepri.

Plt Gubernur H Isdianto semakin yakin, dengan latihan yang digelar TNI-AL di laut Kepri, akan menjadikan Kepri semakin berjaya di lautan, baik dari segi industri, pariwisata maupun kekayaannya.

“Terlebih TNI Angkatan Laut punya perhatian penuh dalam menjaga laut Kepri dari berbagai ancaman. Dengan upaya itu, di laut kita akan semakin jaya, dan sinergi TNI-AL ini, akan semakin meyakinkan kejayaan itu,”kata Isdianto, Jumat (25/7/2020).

Isdianto juga berterima kasih kepada Kepala Staf TnI-AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yang menjadikan Kepri sebagai Tempat Latihan Gelagi Tugas Tempur Kapal Tingkat 3 TNI AL, dan saat ini sedang berlangsung di Lingga.

Kepri yang lautnya seluas 96 persen, kata Isdianto, harus memberi manfaat bagi masyarakatnya. Potensi keluatan Kepri sangat besar untuk memajukan daerah dan mensejahterakan rakyat.

Dalam catatan Barenlitbang Kepri, menyelaraskan visi dan misi daerah ini, potensi dari laut bernikai triliunan rupiah. 

Hal itu dibuktikan dengan jenis ikan pelagis memiliki potensi produksi sebesar 559.928 ton/tahun, dan yang baru dimanfaatkan masyarakat baru sebesar 84.060 ton /tahun atau (15,02 persen). Selebihnya yaitu sebesar 475.574 ton /tahun merupakan peluang besar yang bernilai Rp. 3,9 triliun/tahun.

Peluang besar ini memerlukan penyediaan kapal purse seine 60 GT sebanyak 416 unit dari perikanan industri dan armada drift gillnet (jaring insang hanyut) 5 GT sebanyak 2.854 unit dari perikanan masyarakat.

Demikian juga dengan Produksi ikan demersal, yang dimanfaatkan baru hanya sebesar 27,67 persen atau sebesar 75.435 ton/tahun dari keseluruhan potensi produksi sebesar 272.594 ton/tahun. 

Dengan demikian masih terdapat 197.159 ton/tahun atau Rp.1.38 Triliun produksi kandungan laut Kepri yang belum dimanfaatkan.

Peluang-peluang itu, kata Isdianto harus dimanfaatkan dan ditingkatkan. Dukungan TNI AL dalam menjaga laut Kepri, semakin mendukung peningkatan potensi itu.

“Sekali lagi, terima kasih kepada KSAL dan TNI AL. Semoga laut semakin mensejahterakan masyarakat Kepri,”ujarnya.

Penulis:Redaksi 

Comments
Loading...