Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

KPU Serahkan Berkas Calon Terpilih DPRD Kepri Hasil Pemilu 2019 ke Mendagri

Ketua dan Komisioner bersama Sekretaris KPU Kepri, saat menyerahkan Berkas Calon Terpilih Anggota DPRD Kepri ke Mendagri melalui Plt.Gubernur Kepri.(Presmedia)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Komisi Pemilihan Umum (KPU) provinsi Kepri, menyerahkan berkas administrasi calon terpilih anggota DPRD Provinsi Kepri hasil Pemilu 2019 ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Plt.Gubernur provinsi Kepri di Kantor Gubernur Kepri, Istana kota Piring Dompak, Tanjungpinang, Kamis,(15/8/2019).

Ketua KPU Kepri Sriwati mengatakan, penyerahan berkas dan administrasi calon terpilih DPRD provinsi Kepulauan Riau hasil Pemilu 2019 ini, dilakukan sesuai dengan tahapan Pemilu yang telah dilaksanakan guna diproses dan ditetapkan oleh Mendagri.

Sejumlah administrasi yang diserahkan KPU Kepri ke Mendagri melalui Plt.Gubernur Kepri adalah, Keputusan pleno KPU atas perolehan suara, berita acara perolehan kursi dan calon terpilih, keputusan KPU Kepri terkait calon terpilih, Copy berkas pencalonan, daftar calon Tetap, KTP,Phas Photo dan surat lainya.

KPU Kepri saat menyerahakan Berkas Calon Terpilih angota DPRD Kepri hasil pemilu 2019 ke Mendagri melalui Gubernur Provinsi Kepri(Presmed)

Sedangkan mengenai Laporan Hasil Kekayaan Penyelenggara Negera (LHKPN) sebagai mana yang ditekankan Pemerintah dan KPK bagai calon terpilih Anggata DPRD, KPU mengatakan, pihaknya tidak menerima berkas tersebut, karena LHKPN itu dilaporkan masing-masing calon saat pemilu dan setelah terpilih secara pribadi.

“Untuk LHKPN Calon tetap, kami hanya menerima rekomendasi dari masing-masing caleg melalui partai politiknya, karena hal tersebut memang merupakan kewajiban dari masing-masing sebagai penyelenggara Negera,”ujar Sri Wati.

Ditempat yang sama Plt.Gubernur Kepri Isdianto mengatakan, dengan diterimanya berkas calon tetap anggota DPRD hasil Pemilu 2019 itu, Pemerintah provinsi Kepri akan segera menyampikan seluruh berkas calon tetap legislatif hasil Pemilu yang diserahkan KPU itu ke Kementeriaan Dalam negeri.

“Dalam waktu dekat, setelah penyerahan ini kami akan proses dan segera kirim dan sampaikan ke Mendagri agar diproses,”ujar Isdianto.

Dengan penyerahan berkas masing-masing Calon terpilih anggota DPRD hasil Pemilu 2019 ini, KPU dan Pemerintah provinsi Kepri mengharapkan menteri dalam Negeri dapat segera memproses dan menetapkan 45 calon terpilih legislatif provinsi Kepri hasil pemilu 2019 untuk dilantik menjadi anggota DPRD Kepri Periode 2019-2024 pada 9 September 2019 mendatang.(Presmedia)

Comments
Loading...