Ultimate magazine theme for WordPress.

Positif Covid-19 Bintan Tambah 5 kasus, 13 orang Dirawat

Kepala dinas Kesehatan Bintan dr.Gama AF Isnaeni.

PRESMEDIA.ID,Bintan- Kasus Positif COVID-19 di Bintan kembali bertambah 5 orang pada Jumat (31/7/2020). Dari jumlah tersebut, 13 orang saat ini dirawat dan dikarantina.

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan menyatakan penambahan 5 pasien positif Covid-19 di Bintan itu merupakan pasien kasus ke 16 hingga 20 yang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan ke 5 kasus baru positif COVID-19 ini diketahui berdasarkan hasil uji Lab PCR Batam yang diterima dengan hasil Positif.

Ke 5 kasus baru positif COVID-19 itu lanjut Gama, adalah kasus nomor ke-16 dengan inisial Ph (24) warga Kijang yang merupakan anak dari pasien Kasus COVID-19 nomor 10. Meski dinyatakan Positif kondisi Ph tidak memiliki gejala.

Kemudian pasien ke 17, Ay (49) yang merupakan istri dari Sk pasien ke 10 atau ibu dari Ph. Ay mengalami gejala menyerupai Covid-19 sejak 22 Juli yaitu demam, batuk dan lemas.

Lalu pada 29 Juli kondisinya memburuk dikarenakan sesak napas sehingga dirujuk ke RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Batu 8 Kota Tanjungpinang.

Tim medis mengambil swab tenggorokan Ay dan Ph sebanyak 2 kali. Pada 29 Juli dan kedua 30 Juli lalu hasil lab RT-PCR swab 1 keluar, kemudian pada 31 Juli dan menyatakan ibu dan anaknya terkonfirmasi Covid-19.

“Bapaknya dulu yang terkonfirmasi positif SK yang bekerja di perusahaan logistik yang berada di Kawasan Jodoh Kota Batam. Lalu tanpa sengaja dia menularkan kepada istri dan anaknya yaitu Ay dan PHY,”jelasnya.

Berikutnya pasien kasus ke 18 dan 19 merupakan Karyawan PT.Meitech Eka Bintan yang berada di Kawasan Korindo, Kecamatan Bintan Timur. Mereka adalah Wh (42) dan Et (30) keduanya memiliki riwayat perjalanan ke Cilegon.

Keduanya pulang ke Bintan pada 23 Juli dan dikarantina oleh pihak perusahaan di Batu 23 Kijang Kota sampai 27 Juli.

Kemudian dilakukan pemeriksaan rapid tes dengan hasil reaktif. Selanjutnya dipindahkan ke Kampunh Lengkuas Kijang Kota dan dikarantina disana.

“Keduanya telah diambil swab untuk tes PCR di RSUD Bintan. Swab 1 pada 29 Juli dan swab 2 pada 30Juli 2020. Lalu hasil lab RT-PCR yang keluar 31 Juli dinyatakan kedua karyawan perusahaan Jalan Korindo itu terkonfirmasi positif Covid-19,”katanya.

Pasien kasus positif Covid-19 ke 20 ini adalah seorang pria berusia 24 tahun yaitu In yang beralamat di Jalan Tok Sadek Kelurahan Tembeling Kecamatan Teluk Bintan.
Sehari-hari yang bersangkutan tinggal di Lorong Sumbawa Pramuka Tanjungpinang. Terakhir In pernah melaksanakan berpergian ke wilayah transmisi lokal.

Kasus memiliki gejala meriang, batuk, pilek dan mual sejak 25 Juli lalu memeriksakan diri ke RSUD Bintan. Selanjutnya 27 Juli ditetapkan suspek Covid-19 oleh pihak rumah sakit.

“Karena gejala ISPA ringan, selanjutnya In melakukan isolasi mandiri. Swab PCR diambil pada 29 Juli dan Swab 2 pada 30 Juli. Hasil lab RT-PCR yang keluar 31 Juli menyatakan In positif Covid-19,”ujar Gamma.

Dengan penambahan 5 kasus baru positif COVID-19 itu, Saat ini jumlah total positif COVID-19 sebanyak 20 orang. FDfari jumlah tersebut 5 orang dilakukan perawatan, 7 orang di karantina, 7 orang sembuh dan 1 orang meinggal dunia.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...