Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Bhayangkara 74

Pegawai RSUP RAT Tanjungpinang Gelapkan 2 Unit Mobil Rental

Pegawai RSUP-RAT Marhati bin Atan jadi terdakwa penipuan Sewa rental Mobil dan disidang secara Online di PN Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Seorang oknum Pegawai Rumah Sakit Provinsi Kepri (RSUP) Raja Ahmad Thabib (RAT), Terdakwa Marhati bin Atan didakwa melakukan penipuan dan penggelapan 2 unit Mobil Joy Rental Tanjungpinang.

Hal ini terungkap dalam keterangan saksi karyawan Rental Joy Mobil, Handriyana dan Dewanto Sapriyadi di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Rabu (5/8/2020).

Didalam persidangan, Handriyana mengatakan, sebelumnya terdakwa datang menyewa mobil ke Joy Rental pada 14 dan 15 November 2019 lalu.

Atas penyewaan itu, Joy Rental menyewakan 2 unit mobil merk Toyota Avanza warna hitam dan abu-abu dengan Nopol BP 1361 TW dan BP 1021 Gw kepada terdakwa dengan sewa mobil per unit perhari Rp.200 ribu.

Baca Juga

Kemudian keesokan harinya, lanjut Hendriyana, terdakwa kembali datang ke Joy Rental untuk merental mobil dan menyatakan mobil yang sebelumnya dirental akan diperpanjang.

“Mobil pertama yang disewa dilanjutkan lagi rentalnya, kemudian ambil satu unit lagi untuk dirental, sehingga seluruh total sewa rental perharinya Rp 600 ribu,”ungkap Handriyana.

Lebih lanjut, Handriyana menjelaskan, setelah keesokan harinya, kemudian mobil tidak di kembalikan oleh terdakwa. hingga pihak rental melakukan pencarian dan menelusuri kemana dua unit mobil tersebut.

“Dari penelusuran kami, Ternyata dua unit Mobil tersebut digadaikan terdakwa ke perseorangan deharga Rp.40 juta, yang satu unit ke Manurung dan satu unit lagi ke Marpaung,”jelasnya.

Sebelumnya, lanjutnya pihak rental selalu menghubungi terdakwa untuk menanyakan pembayaran sewa, jika tidak bisa membayar mobil tersebut agar dikembalikan. Tapi terdakwa selalu berkata masih menunggu uang.

“Karena sewa dan mobil tidak dikembalikan, Maka pada 17 Maret 2019 kami melapor ke Polres Tanjungpinang,”ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Dewanto, ia mengatakan setelah pelaporan ke Polisi baru terdakwa membayar sewa rental Rp.4 juta untuk tanggal 16 sampai 28 November 2019.

“Dan dari pengakuan terdakwa, Dia (Marhari_red) adalah PNS di Rumah Sakit Provinsi Kepri,”katanya.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Zaldi Akri juga membenarkan bahwa terdakwa merupakan PNS di Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RS RAT) Kota Tanjungpinang.

Jaksa Zaldi juga mengatakan, atas perbuatanya Terdakwa Marhati bin Atan didakwa dengan pasal 372 KUHP tentang penggelapan yang mengakibatkan Rental Mobil Joyengalami kerugian Rp 200 juta.

Sidang akan kembali digelar Majelis Hakim, M Djauhar Setyadi serta didampingi oleh Justiar Ronald dan Novarina Manurung padainghu memdatang dengan agenda menghadirkan saksi lainya.

Penulis:Roland

Comments
Loading...