Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Awas..! Pelanggar Protokoler Kesehatan Selama Pandemi COVID-19 Akan Dihukum

Salah satu Protokoler Kesehatan, Wajib Megunakan Masker pada warga saat New Normal. (Photo:Internet)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Presiden Joko Widodo mengeluarkan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

Didalam Inpres tersebut, Presiden meminta Kepala Daerah segera mengeluarkan aturan turunan, berupa Peraturan Gubernur, Peraturan Bupati atau Peraturan Wali kota yang memuat sanksi bagi pelanggar Protokoler Kesehatan Pandemi COVID-19 pada perseorangan maupun Badan Usaha.

Dalam pelaksanaanya, Pemerintah Pusat juga meminta pemerintah daerah melibatkan TNI dan Polri dalam melakukan pengawasan dan pembinaan.

Pemerintah sendiri, sebelumnya sudah menerbitkan aturan protokol untuk kondisi new normal pandemi COVID-19, sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/MENKES/335/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) di Tempat Kerja Sektor Jasa dan Perdagangan (Area Publik) dalam mendukung keberlangsungan usaha.

Sejumlah protokoler kesehatan pada new Normal menurut Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas percepatan penanganan COVID-19 itu antara lain: Perusahaan diwajibkan membatasi jarak pekerjanya, termasuk meja kerja dan tempat duduk minimal 1 meter.

Memberikan tanda khusus yang ditempatkan di lantai area pekerja seperti ruang ganti, lift, dan area lain sebagai pembatas jarak antar pekerja. Pengaturan jumlah pekerja yang masuk agar memudahkan penerapan menjaga jarak.

Lokasi tempat kerja juga harus bersih dan higienis dengan melakukan pembersihan berkala dengan pembersih dan disinfektan yang sesuai selama 4 jam sekali terutama pegangan pintu dan tangga, tombol lift, peralatan bersama,area dan fasilitas umum.

Pekerja dan perusahaan harus menjaga kualitas udara tempat kerja, menyediakan sarana cuci tangan, menyediakan penyanitasi tangan dengan kandungan alkohol minimal 70 persen di tempat-tempat yang diperlukan. Selalu menjaga kebersihan tangan, dan membersihkan tangan dengan  hand sanitizer atau menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Hindari menyentuh area wajah, khususnya mata, hidung, dan mulut yang menjadi jalan masuk bagi penularan virus. Terapkan etika batuk dan bersin menutup mulut dan hidung menggunakan lengan atas bagian dalam. Wajib menggunakan Masker. Jaga kesehatan dengan konsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga.

Melakukan Isolasi mandiri di rumah bagi yang merasa tidak sehat dan jangan memaksakan mendatangi tempat kerja, atau tempat umum lainnya.

Nah, jika Protokoler Kesehatan ini tidak dipatuhi atau dilanggar, maka orang pribadi dan Badan usaha, sesuai Impres dan peraturan Kepala Daerah nantinya akan diberi sanksi berupa, (a) Teguran lisan atau teguran tertulis, (b) Kerja sosial, (c) Denda administratif atau (d) Penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...