Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Jaksa, BC dan Polda, Check BB Bahan Peledak di Gudang DJBC Karimun

Jaksa, BC dan Polda, Check BB Bahan Peledak di Gudang DJBC Karimun.

PRESMEDIA.ID,Karimun- Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea Cukai Khusus Kepri bersama Polda dan Kejaksaan, melakukan pengecekan Barang Bukti (BB) bahan peledak sitaan Negara di gudang penyimpanan Bea Cukai Karimun.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJBC Khusus Kepri Agus Yulianto mengatakan, pengecekan bahan peledak sitaan negara itu, dilakukan untuk memastikan bahwa bahan peledak nyaman dari hal yang tidak diinginkan.

“Kita lakukan pengecekan untuk memastikan kemanan dari bahan peledak sitaan, hingga tidak terjadi kecelakaan seperti ledakan yang terjadi di Beirut Lebanon,”ujar Agus Sabtu (8/8/2020).

Agus juga mengatakan, sebanyak 444,4 ton Amonium Nitrat di gudang penyimpanan Bea dan Cukai Karimun itu, merupakan Barang Bukti dititipkan Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun.

“Barang ini dititip di gudang sejak 2012 sampai 2018, karena proses hukumnya belum Inkrah atau berkekuatan hukum tetap,”ujarnya.

Kemudian dari 2019 sampai 2020, kasus penyeludupan bahan peledak itu, dinyatakan sudah Inkrah atau memiliki kekuatan hukum tetap, hingga ditetapkan sebagai barang siataan milik negara.

“Untuk memastikan BB masih lengkap dan aman untuk diekseksui, Maka hari ini kita bersama Polda Kepri dan Kejari Karimun melakukan pengchekan,”katanya.

Agus juga menyebutkan, dari 444,4 Ton tonase barang yang digudangkan, terdiir daru 17.936 karung.

“Barang lengkap dan aman dan proses penanganan barang titipan di gudang DJBC ini, juga disimpan dengan baik sejak dititipkan oleh pihak kejaksaan,”sebutnya.

Penulis:Putri/Redaksi

Comments
Loading...