Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Pemko Beri Pelatihan Management 40 Pengusaha Homestay Tanjungpinang

Pemko Beri Pelatihan Management 40 Pengusaha Homestay Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Sebanyak 40 peserta pelaku usaha Homestay mengikuti pelatihan Manajemen Homestay di Hotel CK Tanjungpinang, Selasa(11/8/2020).

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungpinang Rahma mengatakan, pandemi Covid-19 yang tengah melanda saat ini membuat semua bentuk bisnis pariwisata mengalami krisis, termasuk pengelola homestay di Tanjungpinang, Kepulauan Riau.

“Sambil menunggu Covid-19 berlalu, pengelola perlu mempersiapkan diri dan menyusun strategi dalam meningkatkan layanan kedepan. Caranya, menyiapkan sumberdaya manusia seperti mengikuti pelatihan ini,”kata Rahma.

Rahma menyampaikan dengan kondisi Covid-19 saat ini, homestay punya kesempatan besar untuk menarik para wisatawan, karena homestay bisa menjadi hunian yang dapat terhindar dari keramaian.

“Yang perlupengelola bisa menjamin kebersihan, rasa aman, damai dan keramahan bagi pengunjung,” katanya.

Menurutnya semua kejadian pasti ada hikmahnya, untuk itu pengelola harus punya keyakinan suatu saat nanti homestay di Tanjungpinang kembali normal dan bangkit lagi.

“Kita doakan saja, virus ini cepat berlalu,”tutur Rahma. 

Ia berharap bagi persetujuan untuk mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh. Materi yang disampaikan narasumber harus disimak dan dijadikan panduan dalam pengelolaan homestay.

“Saya yakin bila sudah ada wadah, homestay Tanjungpinang akan berkembang seperti daerah lainnya di Indonesia.Tidak ada kata terlambat jika kita mau memulai,” tutup Rahma.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Surjadi juga mengakui, sejak pandemi Covid-19, nyaris semua bentuk bisnis pariwisata di Tanjungpinang mati suri. Hotel, resort, wisma hingga homestay terdampak langsung.

“Kita berharap Covid-19 segera berlalu. Bisnis pariwisata kembali stabil dan berjaya,”ucap Surjadi.

Surjadi menyebutkan, pelatihan managemen homestay ini diikuti 40 peserta yang merupakan perwakilan dari pemilik  homestay yang ada di Tanjungpinang. 

Selama pelatihan, peserta akan mengikuti berbagai materi yang disampaikan oleh akademisi dan praktisi dari Politeknik  Bintan Cakrawala.

Materi yang disampaikan seperti, Why homestay, kewirausahaan, service excellence, operasional homestay, praktek operasional homestay, food and beverage service, table manner, manajemen dan operasional serta praktek tata graha, hygiene and sanitation, covid protocol, grooming, dan marketing dan promosi.

Penulis:Roland

Comments
Loading...