Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Bhayangkara 74

Dua Tekong TKI Ilegal ke Malaysia Divonis 1,6 Tahun Penjara

Dua Tekong TKI Ilegal ke Malaysia Divonis 1,6 Tahun Penjara.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Dua tekong tenaga kerja Illega ke Malaysia, terdakwa Gaudensius Seran dan Jefrianus Nahak dihukum 1,6 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 4 bulan kurungan penjara.

Putusan dijatuhkan Majelis Hakim, Risbarita Simarangkir didampingi Hakim anggota Justiar Ronal dan Novarina Manurung di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Kamis(13/8/2020).

Dalam putusanya, Hakim menyatakan, kedua terdakwa terbukti bersalah melakukan, menyuruh melakukan atau turut serta melakukan, melaksanakan penempatan Pekerja Migran Indonesia tanpa prosuderal sebagai mana dakwaan pasal 81 jo Pasal 69 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia Jo. Pasal 55 Ke-1 KUHP.

“Menghukum kedua terdakwa dengan hukuman 1 tahun dan 6 bulan penjara dan Denda Rp 100 juta subsider 4 bulan kurungan,”ujar Hakim.

Sementara itu, barang bukti satu unit mobil Mobil Avanza BP 1373 YW warna silver di kembalikan kepada pemiliknya. Uang senilai Rp 7.100.000 dirampas untuk negara, sedangkan dua unit handphone merk nokia dirampas untuk Dimusnahkan.

Mendengar itu, kedua terdakwa menyatakan pikir-pikir, sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) Romano SH menyatakan, menerima putusan teresbut yang sebelumnya dama dengan tuntutan yang diajukan.

Sebelumnya dua terdakwa pengerah TKI Illegal Kemalaysia Gaudensius Seran dan Jefrianus Nahak diamanakan Polres Bintan di Pantai Dugong Trikora Kecamatam Gunung Kijang Kabupaten Bintan.

Pengiriman TKI secara illegal yang dilakukan kedua terdakwa, berawal ketia enam orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal ini menghubungi terdakwa Gaudensius dan menyatakan ingin berkerja di Malaysia.

Atas permintaan teseut, selanjutnya terdakwa Gaudensius menyampaikan biaya transportasi jika ingin menjadi TKI di Malaysia melalui jalur laut sebesar Rp 2,5 juta.

Keesokan harinya, terdakwa Gaudensius menjemput ke enam TKI ilegal untuk di bawa ke Tanjungpinang dan ditempatkan di rumah kos sambil menunggu keberangkatan ke Malaysia.

Kemudian saudara Kimo (DPO) menghubungi Gaudensius untuk memberitahu calon TKI akan diberangkatkan pada hari Minggu (16/2/2020) dinihari.

Selanjutnya keenam calon TKI Ilegal itu, di jemput oleh terdakwa Gaudensius dengan menggunakan mobil untuk dibawa ke Pantai Dugong Trikora Kecamatam Gunung Kijang Kabupaten Bintan.

Selain Gaudensius, terdakwa Jefrianus atas suruh Botak (DPO) juga membawa tiga orang calon TKI ilegal dengan biaya masing-masing Rp 1,7 juta.

Sesampainya di pinggir pantai di Pantai Dugong Trikora Kecamatam Gunung Kijang Kabupaten Bintan, anggota Sat Reskrim Polres Bintan menangkap para terdakwa karena membawa atau mengangkut calon pekerja migran Indonesia tanpa dilengkapi surat atau dokumen resmi sebagai mana yang diatur undang-undang.

Penulis:Roland 

Comments
Loading...