Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Dilantik 2 September, DPRD Baru kota Tanjungpinang Gunakan PIN Imitasi

Sekwan DPRD Kota Tanjungpinang Efendi(Presmed6)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang merencanakan, pelaksanaan pelantikan anggota DPRD kota Tanjungpinang hasil Pemilu 2019 akan dilansungkan pada 2 September 2019 mendatang.

Pelantikan 30 anggota DPRD kota Tanjungpinang Periode 2019-2024 ini, berbeda dengan pelantikan DPRD sebelumnya khusnya mengenai atribut PIN DPRD. Jika anggota DPRD periode sebelumnya dilantik dan disematkan Pin Emas, Pada anggota DPRD baru 2019 yang akan dilantik ini akan disematkan PIN yang terbuat dari kuningan atau imitasi.

Sekretais DPRD kota Tanjungpinang Efendi membenarkan hal tersebut, atas tidak adanya pengadaan dan penempahan PIN Emas bagi anggota DPRD Periode 2019-2024 itu.

“Untuk pelantikan anggota DPRD periode 2019-2024 memang tidak menggunakan PIN Emas. Karena berdasarkan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahawa sebenarnya Pin emas itu termasuk dalam belanja modal artinya milik pemerintah daerah,”ujar Efendi Selasa (20/8/2019).

Baca Juga

Sebagi pengganti pin emas, lanjut Efendi, nantinya cukup dibuat duplikatnya saja seperti perak yang dilapisi kuningan alias imitasi. Dan jika juga ada nantinya dibuat, PIN yang digunakan anggota DPRD tersebut merupakan barang pinjam pakai.

Hal ini lanjut Efendi, merupakan arahan dari Kemendagri dan juga mempertimbangkan dampak hukum dikemudian hari atas hal yang tidak inginkan, seperti pengembalian kembalinya susah dan bahakan ada yang tidak dikembalikan, hingga lebih bagus tidak usah dianggarkan.

“Sudah dilaporkan kepimpinan, itu mereka setuju tidak menggunakan pin emas,”katanya.

Dibandingkan dengan anggota dewan yang sebelumnya, Efendi mengaku tidak mengetahui karena pada saat pelantikan dirinya bukan merupakan Sekretaris di DPRD.

“Untuk anggota Dewan sebelumnya, Saya tidak tahu, apakah menggunakan pakai pin emas atau tidak,”ujarnya.

Sedangkan mengenai Pakaian Sipil Lengkap (PSL) dikatakan Efendi sudah dipersiapkan. Selain itu penyelenggara pelantikan juga sudah ditugaskan ke seluruh staf di DPRD kota Tanjungpinang, Kabid serta Kasubag yang terlibat.

Pelaksanaan pelantikan sendiri, lanjut Efendi, diawali dengan pembentukan SK tim. Kemudian persiapan penerbitan SK bagi anggota DPRD Kota Tanjungpinang yang baru dari Gubernur Kepri.

“Surat penetapan bagi anggota DPRD yang baru sudah kami klirim dan serahakan ke Biro Pemerintahan Provinsi,”lanjutnya.

Dan acara pengukuhan sumpah, akan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpinang pada tanggal 2 September 2019 mendatang.(Presmed6)

Comments
Loading...