Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Petugas dan Peserta Upacara 17-an Pemprov Kepri Wajib Rapid Test

Upacara Bendera HUT RI ke 56 tahun 2019 tingkat provinsi Kepri di Gedung daerah diikuti sejumlah Peserta.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Upacara peringatan HUT Proklamasi ke-75 tingkat Provinsi Kepulauan Riau dipastikan akan dilaksanakan dengan penuh keterbatasan.

Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan Dispora Kepri Yeni Isabella mengatakan, upacara peringatan HUT RI ke-75 tingkat Provinsi Kepri hanya akan dilaksanakan di internal Pemprov Kepri saja di halaman Gedung Daerah, Tanjungpinang pada pukul 7.30 WIB pada Senin 17 Agustus mendatang.

“Peserta upacaranya terbatas hanya sekitar 5 kompi dengan anggota 5 orang per kompi,”ungkapnya, Jumat (14/8/2020).

Untuk pasukan pengibar bendera (Paskibra) yang bertugas, lanjut Dia, juga hanya 5 orang. dari 5 orang itu 3 merupakan anggota paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera, sementara 2 orang lainya adalah sebagai petugas cadangan.

“Anggora Paskibra yang bertugas sudah dilatih,”kata Yeni.

Kendatipun hanya dihadiri peserta yang terbatas, mantan Camat Tanjungpinang Timur ini menambahkan, pelaksanaan upacara nantinya tetap akan menerapkan protokol kesehatan. Dimana, para peserta diwajibkan menggunakan masker, menjaga jarak dan mempersiapkan cairan sanitizer.

“Bahkan, seluruh petugas dan peserta upacara diwajibkan rapid test. Dinas Kesehatan menyediakan layanan rapid dilokasi,” ujarnya.

Dirinya berharap, meski dilaksanakan pada pandemi COVID-19, pelaksanaan peringatan HUT Proklamasi dapat berjalan lancar dan khidmat.

Sementara itu, sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, jika pada tahun-tahun sebelumnya pelaksanaan upacara HUT Proklamasi 17 Agustus dilasanakan dua kali. Pertama pada pagi hari untuk internal Pemprov Kepri di Kompleks perkantoran Pulau Dompak, lalu dilanjutkan dengan peringatan detik-detik proklamasi pukul 10.00 WIB di Gedung Daerah Tanjungpinang. 

Namun, akibat pandemi COVID-19 upacara hanya dilaksanakan pagi hari saja untuk internal Pemprov Kepri.

Sementara peringatan detik-detik Proklamasi dilaksanakan secara daring (online). Dimana, Gubernur dan jajaran pejabat Pemprov Kepri hanya menghadiri upacara detik-detik Proklamasi tingkat nasional dengan media video confrence (vicon) di Gedung Daerah, Tanjungpinang. 

“Jadi tahun ini sifatnya kami hanya menghadiri upacara tingkat nasional melalui virtual saja,” ungkapnya, belum lama ini.

Penulis :Ismail

Comments
Loading...