Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kesadaran Zakat Meningkat, Isdianto Serahkan Bantuan Baznas

Plt.Gubernur Kepri Isdianto menyerahkan Beasiswa, Bina Dai, Bantuan Ekonomi terencana dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kepri kepada orang-orang yang berhak dan layak menerima.(Ist)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Plt.Gubernur Kepri Isdianto menyerahkan Beasiswa, Bina Dai, Bantuan Ekonomi terencana dari Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kepri kepada orang-orang yang berhak dan layak menerima, Selasa (20/8/2019) di Graha Kepri Batam.

Gubernur berharap organisasi lain dapat juga melakukan hal yang sama seperti Baznas, sehingga bisa semakin cepat menjadikan masyarakat Kepri yang sejahtera dengan SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas.

Tanpa SDM yang berkualitas kata Isdianto, Kepri akan mudah dikalahkan oleh orang-orang luar, san hingga saat ini 40 persen tenaga kerja yang ada diperusahaan masih dikuasai orang luar.

“Kita tidak bisa menyalahkan perusahaan yang menggunakan tenaga luar, karena memang SDM-nya lebih berkualitas dari anak-anak di Kepri. Maka itu, program beasiswa ini sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas SDM anak Kepri,”tegas Isdianto.

Pemberian Beasiswa, Bina Dai, Bantuan Ekonomi terencana itu diterima oleh 120 mahasiswa, dengan rincian, 50 orang mahasiswa asal Batam, dan 70 orang dari Tanjungpinang. Masing-masing Mahasiswa memperoleh Beasiswa sebesar Rp.2 juta per-semester. Sedangkan untuk ekonomi terencana diberikan Rp.50 per perusahaqn dan Dakwah dan Dai, memperoleh bantuan Rp.108 juta.

Ketua Baznas Kepri H.Mustamin Husain mengatakan, kegiatan yang dilakukan Baznas dalam mengelola uang ummat, juga telah diberi bantuan kepada masyarakat se-Provinsi Kepri tahun 2019 sebesar Rp.1.3 Milliar.

Sedangkan untuk bantuan beasiswa Mahasiswa dan Siswa SLTA se-Kepri sebanyak Rp.1,6 Miliar. Untuk kesehatan disiapkan dana Rp.300 juta. Sedangkan untuk dakwah dialokasikan Rp.1,3 Miliar. Untuk bantuan kemanusiaan, Baznas menyiapkan dana Rp.431 Juta, dengan total dana yang dibutuhkan sebanyakRp.5,1 Miliar

“Hingga saat ini sudah terkumpul Rp.3,4 Miliar. Kami masih menunggu Rp.2,5 miliar lagi untuk memenuhi target Rp.5,9 M tadi,”jelas Mustamin.

Mustamin menyebutkan kesadaran membayar zakat ummat di Kepri mengalami peningkatan 25-30 persen dari tahun ke tahun. Tahun 2018 kemaren target Rp. 4 miliar namun terkumpul Ro.4,2 miliar. Tahun 2019 ini targer Baznas Rp. 5,9 miliar dan sudah terkumpul Rp.3,4 miliar.(Presmed2).

Comments
Loading...