Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemkab Bintan Fokuskan APBD 2021 Untuk Pemulihan Ekonomi

Bupati Bintan Apri Sujadi memberi semangat pada masyarakat tentang Pemilihan ekonomi dimasa pandemi COVID-19 di Bintan

PRESMEDIA.ID,Bintan-Pemerintah Kabupaten Bintan menyatakan akan fokus menggunakan APBD 2021 untuk melakukan pemulihan ekonomi (recovery economy) pasca Pandemi Covid-19.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengangkapkan, demi pemulihan ekonomi, usulan pbangunan pada sarana fisik di APBD 2021 banyak yang terpaksa dipangkas. Karena anggarannya akan dipergunakan untuk pemulihan ekonomi di seluruh Kabupaten Bintan.

“Alokasi anggaran 2021 akan difokuskan untuk pemulihan pasca pandemi covid-19. Nantinya akan menyesuaikan target-target dengan mengurangi pembangunan serta melakukan re-alokasi dan refocusing anggaran belanja,”ujar Apri Jumat (14/8/2020).

Secara global kata Apri, pertumbuhan ekonomi Indonesia -5,32 persen. Untuk Provinsi Kepri sendiri berada diangka – 6,66 persen di kuartal ke II tahun 2020 ini. Untuk sektor pariwisata Bintan juga menurun tahun ini, akibat pandemi Covid yang tentunya akan berimbas pada Pendapat Asli Daerah (PAD).

“Maka tahun 2021, kita harus bijak dalam penggunaan anggaran daerah yang tentunya harus memprioritaskan recovery ekonomi masyarakat kecil dibandingkan pembangunan,”ujarnya.

Re-alokasi dan refocusing anggaran belanja, sebutnya perlu dilakukan untuk beberapa sektor prioritas utama seperti, untuk bidang kesehatan, pendidikan serta pemberian stimulus ekonomi bagi para pelaku usaha kecil di Bintan.

Secara terperinci program-program tersebut sedang disusun dan nantinya akan dibahas bersama DPRD Bintan terkait total anggaran yang dibutuhkan dalam pemulihan ekonomi.

“Saya sudah minta sejumlah Dinas terkait sudah harus ancang-ancang apa program yang akan dibuat dalam pemulihan ekonomi di 2021 nanti, Prinsipnya kita harus kejar untuk pemulihan ekonomi tahun depan,”katanya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...