Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Bawaslu Temukan Sejumlah Permasalahan di Tahapan Pilkada Karimun

Anggota Bawaslu Karimun saat melakukan Verifikasi dan pencocokan data warga dalam pelaksanaan Pengawasan proses Pelaksanaan Pilkada.

PRESMEDIA.ID,Karimun- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyatakan, menemukan sejumlah permasalahan di Tahapan pelaksanaan Pilkada Karimun.

Ketua Bawaslu Kabupaten Karimun, Nurhidayat mengatakan, sejumlah sejumlah permasalahan menjelang Pilkada 2020 mendatang itu, mulai dari ketidak sesuaian tata cara, prosedur, mekasnisme pelaksanaan Coklit yang dilaksanakan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang ditugaskan KPU Karimun.

“Ada juga beberapa temuan saat proses Coklit petugas PPDP-nya tidak menerapkan protokol kesehatan, Kemudian ada pemilih yang memenuhi syarat, Namun tidak dicoklit petugas,”ujarnya pada wartawan di Karimun Sabtu (15/8/2020)

Selain itu, pelaksanaan pencocokan data Pemilih yang dilakukan PPDP banyak yang tidak merujuk pada e-KTP dan KK, dan sebagian ada data yang tidak memenuhi syarat namun dicoklit.

“Hal itu seperti sejumlah pemilih dan pemula dan disabilitas yang memenuhi syarat, namun tidak dicoklit. Selain itu ada juga PPDP yang mendelegasikan tugasnya kepada orang lain,”ujarnya.

Meskipun begitu, pihaknya tetap mengidentifikasi serta melakukan penelusuran dilapangan terkait adanya kemungkinan masyarakat Kabupaten Karimun yang memenuhi syarat namun belum dilakukan Coklit PPDP-KPU Karimun itu.

“Tahapan daftar pemilih masih panjang, jadi kami akan terus memastikan agar KPU Karimun mengakomodir hak pilih masyarakat Karimun dengan memasukkan kedalam daftar pemilih,”kata Dayat sapaan akrap Nurhodayat.

Saat ini lanjut dia, KPU juga melakukan koordinasi denga sejumlah pihak untuk menyelesaikan permasalahan identitas sejumlah para pemilih yang belum terakomodir dalam Coklit tersebut.

Bawaslu Karimun lanjutnya, juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Karimun yang belum dilakukan Coklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) agar segera melaporkan kepada Jajaran pengawas terdekat atau dapat langsung menghubungi Bawaslu Kabupaten Karimun.

Penulis:Puteri/Redaksi

Comments
Loading...