Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Warga Kampung Sebauk, Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 Di Atas Laut

Warga Kampung Sebauk, Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 Di Atas Laut.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Warga RT 2 RW 4 Kampung Sebauk, Kelurahan Senggarang Kecamatan Tanjungpinang Kota, menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 di atas kelong perairan Sebauk  Senin (17/8/2020).

Upacara HUT-RI ke-75 diatas laut itu,dilaksanakan oleh masyarakat Kampung Sebauk Senggarang dan Polsek Tanjungpinang kota.

Ketua RT 2 RW 4 Kampung Sebauk kelurahan Senggarang Samsul Bahri mengatakan, Upacara HUT-RI yang dilaksanakan di atas laut itu merupakan gagasan bersama forum RT dan RW Kelurahan Senggarang bersama Polsek Tanjungpinang kota.

“Untuk disini baru pertama kali, tetapi tahun lalu warga Kampung Melayu juga pernah melaksanakan,”kata Samsul.

Upacara HUT-RI di atas laut yang dilaksanakan lanjut Samsul, menjadi momen yang sangat langka bagi masyarakat pesisir di Kampung Sebauk yang masih tertinggal dari wilayah perkotaan. Melalui kegitan itu, juga menjadi pembelajaran bagi warga dan anak-anak pesisir kampung Sebauk untuk mengetahui betapa pentingnya HUT Kemerdekaan RI dirayakan.

“Kita disini belum banyak tahu dan inilah Upacara HUT RI, Antusiasme anak-anak dan masyarakat kita melihat dari darat dan sampan juga luar biasa dan hal ini berkat kerja sama semua pihak termasuk Kepolisian hingga pelaksanaan upacara ini berjalan dengan baik,”ujarnya.

Kapolsek Tanjungpinang AKP Reza Anugrah mengatakan, upacara yang dilaksanakan diatas laut itu merupakan salah satu bentuk ucapan syukur dan penghormatan terhadap para pejuang dan pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.

Reza menyampaikan, di ulang tahun kemerdekaan ke 75 ini perlu untuk merenungkan diri, Apa yang telah dilakukan untuk bangsa dan negara selama ini. Terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang masih menjadi momok tersendiri bagi seluruh masyarakat di Indonesia.

Oleh karena itu kata Reza menghimbau, seluruh masyarakat yang merayakan hari kemerdekaan Republik Indonensia perlu dilaksanakan dengan semangat para pahlawan.

“Marilah kita membiasakan diri untuk menjadi pribadi yang merdeka. Jangan pula kita menjadi penjajah-penjajah modern yang menindas bangsa kita sendiri,”ujarnya.

Pada Hari Kemerdekaan disituasi Pandemi COVID-19 ini, Reza juga mengajak semua pihak, untuk bersatu padu saling menolong antar sesama.

“Marilah kita menengok sekitar adakah kawan, tetangga, dan kerabat kita yang membutuhkan bantuan, Janganlah kiranya kita menutup mata dan telinga ketika melihat saudara kita sedang kesusahan,”paparnya.

Menurutnya membantu melalui hal-hal sederhana, akan dapat memberikan dampak yang besar bagi kehidupan umat manusia.

“Janganlah mengira kita semua sudah cukup berjasa dengan segi tiga warna. Selama masih ada ratap tangis di gubuk-gubuk pekerjaan kita belum selesai. Berjuanglah terus dengan mengucurkan sebanyak-banyaknya keringat,”tegasnya.

Penulis:Roland

Comments
Loading...