Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ikut Pilkada Kepri, Isdianto Mulai Cuti 26 September-5 Desember Mendatang

Gubernur Kepri Isdianto

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Gubernur Kepulauan Riau Isdianto mengatakan, akan mulai cuti dalam rangka mengikuti Pilkada Kepri pada 26 September 2020 mendatang.

Menurutnya, masa cutinya sebagai kepala daerah secara otomatis akan dimulai bertepatan saat masa kampanye dimulai.

“Memang secara administrasi akan kami usulkan, Namun dimulainya cuti bertepatan dengan masa kampanye pada 26 September,” ucapnya saat ditemui di Tanjungpinang, Senin (17/8/2020).

Ia mengakui, masa cuti kampanye yang akan digunakannya untuk melakukan kampanye akan berlangsung selama 71 hari. Dimulai pada 26 September sampai dengan 5 Desember 2020 mendatang.

Kendati demikian, pada sisa waktu sebelum cuti itu, Isadianto mengaku akan mempergunakan waktunya sebaik mungkin untuk memimpin pemerintahan.

“Kita manfaatkan dengan baik sisa waktu yang ada ini,”ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan, saat masuk masa cuti nanti posisi Gubernur Kepri akan digantikan oleh Penjabat sementara (Pjs) yang diutus Kementerian Dalam Negeri.

“Posisi Gubernur nanti akan diisi Pjs yang diutus langsung oleh Kemendagri,” tukasnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kepri, Arison, mengungkapkan, sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), calon yang masih menjabat sebagai kepala daerah, diwajibkan cuti selama pelaksanaan masa kampanye Pilkada serentak 2020.

“Itu merupakan syarat mutlak sebagai calon yang maju Pilkada. Kalau kepala daerah wajibkan cuti, sementara ASN dan anggota legislatif syaratnya harus mengundurkan diri,” ungkapnya, belum lama ini.

Ia menerangkan, untuk Kepri sendiri hampir seluruh daerah yang melaksanakan Pilkada diikuti oleh calon incumbent. Diantaranya, Provinsi Kepri, Kota Batam, Lingga, Karimun, dan Anambas.

Sementara, Kabupaten Natuna kepala daerahnya tidak mencelonkan kembali.

“Jadi, yang incumbent ini waiib cuti,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, sesuai dengan PKPU No.5 tahun 2020, tahapan pendaftaran Pilkada akan dimulai pada 28 Agustus – 3 September untuk pengumuman pendaftaran paslon. Lalu, pendafataran dibuka selama dua hari 4-6 September.

Pengumuman dokumen paslon dan tanggapan serta masukan masyarakat pada 4-8 September, pemeriksaan kesehatan 4-11 September, penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan 11-12 September.

Kemudian, tahap verifikasi syarat calon berlangsung pada 6-12 September lanjutnya, pengumuman dokumen perbaikan syarat calon 14-22 September penyerahan perbaikan syarat calon 13-16 september, dan verifikasi perbaikan syarat calon 16-22 September.

Penetapan Paslon pada 23 September, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut calon 24 September 2020.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...