Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kelurahan Seilekop Gelar Lomba Kampung Bersih HUT-RI ke-75

HUT-RI ke-75, Kelurahan Seilekop Gelar Lomba Kampung Bersih tahun 2020.

PRESMEDIA.ID,Bintan- Rayakan HUT-RI ke-75, Kelurahan Seilekop Kecamatan Bintan Timur (Bintim) menggelar lomba kampung bersih, sehat dan semarak Tingkat Kelurahan Seilekop Senin (17/8/2020).

Lurah Seilekop, Riswan Efendi Nasution mengatakan, pelaksanaan lomba kampung bersih dilakukan dalam rangka peringatan HUT-RI ke-75 sesuai dengan Surat Edaran (SE) Bupati Bintan bahwa dalam peringatan HUT Ke 75 Kemerdekaan RI ini tidak dilaksanakan kegiatan permainan rakyat seperti tahun sebelumnya yang sifatnya mengumpulkan orang banyak. Karena bisa memicu terjadinya penularan Covid-19.

“Maka tindaklanjut dari surat edaran itu kita laksanakan kegiatan penilaian kampung bersih. Karena sifatnya tidak mengumpulkan orang banyak disuatu tempat namun tetap berjalan semarak,”ujar Riswan.

Lomba kampung bersih, lanjutnya, diikuti 30 RT yang berada di 6 RW kelurahan Sei Lekop Bintan. Penilaian seluruh kampung, masing-masing RT akan dinilai oleh 25 juri yang berasal dari mahasiswa UMRAH dan pengurus Karang Taruna Kelurahan Seilekop.

Dari 30 RT itu akan diseleksi atau disaring hingga menghasilkan 12 RT yang berhak masuk dalam babak penyisihan.

Selanjutnya, kembali diseleksi dan dinilai secara ketat untuk menjadi 6 pemenang. Yaitu Juara 1,2, dan 3 serta harapan 1,2 dan 3,”ujarnya.

Pelaksanaan lomba Kampung bersih antar RT di Kelurahan Sei Lekop itu, dilaksanakan bekerjasama dengan mahasiswa UMRAH yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), serta anggota Karang Taruna Seilekop.

“Dari 25 orang mahasiswa yang KKN di Sei Lekop ini kita bagi menjadi 6 kelompok sesuai jumlah RW yang ada dan merekalah yang nantinya akan menilai kampung bersih, sehat dan semarak ini,”jelasnya.

Untuk hadiah bagi pemenangnya, kata Riswan, sengaja tidak ia sediakan dalam bentuk uang pembinaan karena sifatnya habis dipakai. Namun ia gantikan dengan hadiah berupa peralatan yang sangat bermanfaat untuk mendukung kebersihan dan keamanan di kampung.

Kemudian ada hadiah doorprize yang diberikan oleh Bupati Bintan Apri Sujadi yaitu satu unit mesin potong rumput. Lalu hadiah lainnya dari kelurahan antara lain
Gerobak sampah, senter, jas hujan dan lainnya.

“Hasil penilaian ini tidak ada kami interpensi melainkan murni seutuhnya dari penilaian mahasiswa UMRAH. Pastinya sesuai kondisi dan fakta di lapangan,” katanya.

Kapolsek Bintan Timur AKP Ulil Rahim mengatakan pihak kepolisian sangat mendukung dengan adanya perlombaan ini. Karena sifatnya tidak mengumpulkan orang banyak tetapi tetap berjalan meriah.

“Dalam rangka memperingati HUT Ke 75 Kemerdekaan RI ditengah Pandemi Covid-19 ini Kelurahan Seilekop bersama bhabinkamtibmas berhasil menyemarakannya,” sebutnya.

Diharapkan, dimasa adaptasi kehidupan baru saat ini tidak menghilangkan rasa nasionalisme yang ada. Melainkan semakin kuat dan cinta NKRI.

“Seperti yang dilaksanakan oleh Lurah Seilekop ini. Inovasi kegiatannya sangat tepat karena bisa memacu masyarakat untuk hidup bersih dan sehat,”jelasnya.

Sementara itu, Bupati Bintan, Apri Sujadi mengapresiasi Kelurahan Seilekop dengan kegiatan yang dilaksanakan tidak mengumpulkan masyarakat namun dapat menciptakan inovasi kegiatan yang berbasis kemasyarakatan.

“Kegiatan ini juga termasuk salah satu cara menumbuj kembangkan kepedulian terhadap lingkungan, kebersihan dan rasa nasionalisme,”ucapnya.

Diharapkan kegiatan ini menjadi pilot projet bagi kelurahan dan desa-desa lainnya. Sehingga untuk kedepannya bisa dilaksanakn secara serentak di daerah lain.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...