Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Bhayangkara 74

Terbukti Lakukan TPPU, Rekening dan Mobil Rush Terdakwa Aman Disita Negara

Sidang Putusan Perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Narkoba dengan terdakwa Aman alias Asun berlangsung secara online di PN Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Terbukti lakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), sejumlah rekening BCA dan BNI yang didalamnya terdapat ratusan juta dana milik terdakwa Aman alias Asun dan saksi Jamal serta Khaterin, bersama satu unit Mobil Toyota Rush yang dibeli terdakwa dari dana TPPU disita negara.

Hal itu diputuskan Hakim PN Tanjungpinang Eduward SH dan hakim anggota Justian Ronal serta Coorpioner SH dalam sidang putusan secara online kasus TPPU Narkoba dengan Terdakwa Aman alias Asun di PN Tanjungpinang, Selasa (18/8/2020).

Dalam putusannya, Hakim mengatakan, terdakwa Aman alias Asun terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana TPPU dengan menyamarkan asal usul dana dari tindak pidana narkotika yang dilakukan.

Terdakwa juga menempatkan, mengalihkan dan membelanjakan dana yang diperoleh dari tindak pidana narkotika yang dilakukan sebagai mana dakwaan tunggal melangara pasal 3 UU nomor 10 tahun 2010 tentang TPPU.

“Atas perbuatanya, Terdakwa Aman Alias Asun dihukum selama 6 Tahun penjara, denda Rp.5 Milliar subsider 3 bulan kurungan,”ujar Eduard.

Selain itu, sejumlah rekening BCA dan BNI, serta ATM atas nama terdakwa dan saksi Jamal serta Khaterin, terbukti digunakan terdakwa sebagai alat dan sarana keuangan dalam melakukan tindak pidana Narkotik disita Negara.

“Untuk barang bukti, Rekening BNI atas nama saksi Jamal, ATM BCA atas nama Jamal, rekening BCA Aman, rekeing BCA Katherin, Barang bukti MObil Toyoyat Rash BP.7044 WO, beserta sejumlah uang tunai dirampas untuk negara,”ujarny hakim.

Sejumlah Kartu ATM BCA, Buku Paspor atas nama terdakwa Aman, HP Oppo juga diputuskan dirampas untuk dimusnahkan.

Sementara itu, 2 rekening BCA atas nama Mukiang, rekening BCA atas nama Lili Darmayanti, rekening BCA atas nama Lili Darmayanti dan rekening BCA atas bama Riky Handoko serta rekening BCA atas nama Dedi Darmayanto, dikembalikan kepada pemiliknya.

Penulis:Redaksi 

Comments
Loading...