Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kepri Minta Dukungan Telkom dan Telkomsel Tentang Pembelajaran Online

Gubernur Kepri H.Isdianto dan sekda Kepri TS.Arif Fadillah saat melakukan pertemuan dengan Telkom dan PT.Telkomsel di Kantor Gubernur.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Pemerintah provinsi Kepri meminta dukungan penuh Telkom dan Telkomsel untuk menangani keluhan masyarakat dan pelajar dalam pembelajaran daring atau online akibat tidak dibukanya Sekolah dan pembelajaran tatap muka selama pandemi COVID-19.

Hal itu dikatakan gubernur Kepri H.Isdianto dan Sekretaris Daerah TS.Arif Fadillah saat melakukan pertemuan dengan PT.Telkom dan PT. Telkomsel di Rupatama Lt.4, Kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (18/8/2020).

Gubernur Kepri, H. Isdianto mengatakan, permasalahan kuota dan jaringan internet yang terjadi pada proses pembelajaran online peserta didik harus ditangani dengan melakukan langkah nyata dalam mengatasinya.

“Kondisi pandemi saat ini membuat kegiatan pendidikan beralih ke jarak jauh (sistem online) tentu ada kemudahan dan kesulitan yang menyertai yang harus segera kita tindak lanjuti,”kata Isdianto

Pertemuan tersebut diselenggarakan karena adanya sejumlah keluhan yang diterima dari masyarakat (orang tua dan anak didik) saat diterapkannya proses belajar secara online mulai dari kuota internet dan kualitas jaringan.

Lemahnya kualitas jaringan internet di beberapa lokasi tentu menghambat proses belajar, kemudian kesulitan membeli kuota juga menjadi hal yang banyak disampaikan, sehingga proses belajar dan hasil yang akan didapat oleh anak didik menjadi tidak maksimal.

“Tujuan pertemuan ini, kita dapat solusi apa yang harus kita lakukan, karena kalau soal pendidikan kita tidak bisa menunggu terlalu lama, ini salah satu bentuk kontribusi kita bagi masyarakat,” tegas Isdianto.

Dinas Pendidikan dan Dinas Kominfo diperintahkan Isdianto untuk intens berkoordinasi dengan pihak Telkom dan Telkomsel agar segera menindaklanjuti kondisi ini.

“Kalau terkait kuota bisa dipakai Dana Bos, kalau jaringan kita perlu data segera daerah mana yang masih lemah lalu segera kolaborasikan dengan pihak Telkom, Telkomsel cara cepat bisa kita pasangkan jaringan wifi di titik-titik tersebut,”pesan Isdianto.

Senada dengan Gubernur, Sekdaprov Arif Fadillah juga meminta dukungan penuh kepada pihak Telkom dan Telkomsel, dan menyatakan Pemprov siap berkolaborasi untuk mengatasi masalah ini segera.

“Apa langkah yang harus dilakukan Telkom dan Pemprov, kita siap berkolaborasi. Kita harus segera bergerak cepat mejawab apa yang masyarakat butuhkan,”kata Arif.

Arif pun menyarankan agar Diskominfo turut membantu mendata perkecamatan kondisi jaringan mana yang bagus dan mana yang tidak kemudian sampaikan dan diskusikan dengan pihak Telkom apa langkah cepat yang harus diambil.

Sementara itu, pihak Telkom dan Telkomsel sepakat untuk menindaklanjuti masalah yang terjadi di lapangan sesegera mungkin, mereka juga meminta data yang diperlukan baik dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kominfo agar dapat terselesaikan secara merata.

Apalagi, terkait pembelajaran jarak jauh dan metode-metode yang menyertainya menjadi salah satu konsen dari pihak Telkom dan Telkomsel yang saat ini juga sudah mengeluarkan satu produk yang dapat menjadi solusi dengan nama “Telkomsel Solution for Education”.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...