Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pasien Covid-19 Kasus ke 25 Meninggal Dunia, Abang dan Calon Istrinya Positif

Kepala dinas Kesehatan Bintan dr.Gamma AF Isnaini

PRESMEDIA.ID,Bintan- Pasien positif COVID-19 kasus ke 25 di Kabupaten Bintan, ZI meninggal dunia setelah diisolasi dan dirawat selama lima hari di RSUP Raja Ahmad Tabib (RAT) Kepri Batu 8 Kota Tanjungpinang.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni, membenarkan ada pasien covid-19 yang meninggal dunia. Dia adalah ZI seorang perempuan berusia 25 tahun yang diduga terpapar virus tersebut dari Jakarta.

“ZI ditetapkan sebagai pasien terkonfirmasi positif covid-19 pada Jumat (14/8/2020). Lalu dirawat di RSUP RAT Kepri dan telah dinyatakan meninggal dunia semalam, Selasa (18/8/2020) malam,”ujar Gama, Rabu (19/8/2020).

ZI akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara. Pemakamannya dilakukan sesuai penanganan covid-19 dan protokol kesehatan.

“Almarhumah dimakamkan sesuai penanganan covid-19 di Tanjunguban,” jelasnya.

ZI diketahui terpapar virus ketika dia datang dari Jakarta ke Kabupaten Bintan untuk melayat ibunya,Fb yang meninggal dunia (suspek covid-19), Selasa (4/8/2020).

Beberapa hari kemudian hasil swab ibunya (almarhumah) keluar dan dinyatakan negatif.  Berselelang waktu, ZI tiba-tiba mengalami sakit dengan gejala sesak napas. Lalu ZI memeriksakan diri ke puskesmas terdekat. Disana tim medis mengmbil swab tenggorokannya dan dikirimkan ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam

Jumat (14/8/2020) hasil swabnya keluar. BTKLPP Batam menyatakan jika ZI terkonfirmasi positif covid-19. Disaat itu juga ZI dijemput ambulan dan dibawa ke RSUP RAT Kepri.

“Disaat itu juga Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bintan lakukan tracing terhadap orang-orang yang berkontak erat dengan ZI. Didapati 4 orang yang tak lain keluarganya,” sebutnya.

Diantaranya ayahnya, abang kandungnya (CT) beserta calon istri abang kandungnya (J) serta anak abangnya atau keponakan. Lalu kesemuanya diambil swab tenggorokannya di Puskesmas Teluk Sebong, Sabtu (15/8/2020).

Minggu (16/8/2020) hasil swab CT keluar. BTKLPP Batam menyatakan abang kandung ZI yaitu CT yang berusia 29 tahun positif covid-19 dan menjadi kasus ke 29. Lalu, Selasa (18/8/2020) hasil swab calon istri CT yaitu J berusia 26 tahun juga dinyatakan positif covid-19 dan menjadi kasus ke 30.

“CT telah diisolasi di RSUP RAT Kepri Batu 8 Kota Tanjungpinang. Lalu menyusul calon istrinya J juga ikut diisolasi disana,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...