Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tahapan Coklit Selesai, PPDP-KPU Data 1,3 Juta DP4 Pilkada Kepri

Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Tahapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) telah selesai. Pada tahapan ini para Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) telah mendata sebanyak 1.391.845 DP4 se-Provinsi Kepulauan Riau.

Komisioner KPU Kepri, Priyo Handoko, menyampaikan tahapan coklit telah selesai dilaksanakan pada 13 Agustus lalu. Bahkan, hasilnya juga sudah diserahkan dari PPDP kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan.

“Saat ini PPS sedang menyusun DPHP-nya (Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran),” ungkapnya, Rabu (19/8/2020).

Ia menerangkan, pada tahap ini PPS akan menginput data pemilih baru dan pemilih yang sudah memperbaiki datanya. Kemudian, PPS juga merekapitulasi dan mengecek kembali data warga yang dicoret karena tidak memenuhi syarat (TMS) misalnya karena meninggal, alih status jadi TNI/Polri, pindah domisili atau keberadaannya tidak dikenal oleh tetangga atau pihak RT.

“Proses ini sesuai tahapan dikerjakan sampai 29 Agustus 2020,” ujar Priyo.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Kepri ini melanjutkan, setelah proses tersebut selesai di PPS maka selanjutnya akan dilaksanakan pleno terbuka secara berjenjang. Untuk tingkat PPS pada 30 Agustus-1 September, lalu PPK pada 2-4 September, sementara tingkat KPU Kabupaten/Kota pada 5-14 September.

“Selalu ada dinamika di lapangan. Misalnya, PPDP kadang kesulitan menemui pemilik rumah yang akan dicoklit, dan lain-lain,” kata Priyo.

Mengenai hasilnya apakah ada peningkatan atau pengurangam dari DP4, lanjut Priyo, pihaknya masih harus menunggu hasil rekapitulasi berjenjang mulai PPS, PPK, KPU kabupaten/kota, lalu tingkat provinsi.

Kemudian, setelah tahapan tersebut selesai maka KPU akan menetapkan Daftar Pemilihan Sementara (DPS).

“Tren dari pemilu ke pemilu, pilkada ke pilkada di Kepri, untuk jumlah pemilih biasanya lebih kecil dari jumlah DP4,” ucapnya.

Selain itu, pihak KPU juga mengucapkan selamat dan terimakasih kepada 4.091 PPDP yang sudah menjalankan tugasnya mencoklit sekitar 1,3 juta warga. Mereka adalah ujung tombak KPU dalam menyusun daftar pemilih.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...