Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Akhirnya DJBC Karimun Tangkap Pelaku Penyeludup Ribuan Roll Tekstil Illegal

Ribuan Roll Tekstil Seludupan diamankan DJBC Kepri di Karimun.

PRESMEDIA.ID,Karimun- Tim gabungan Kantor Wilayah Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepri dan Kodam I Bukit Barisan akhirnya mengamankan pelaku Penyeludup 3.636 roll tekstil dari KM.CH Jaya di perairan Tanjung Gadai Tebing Tinggi Timur, Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, 18 Juli 2020 lalu.

Sebelum ditangkap, Kapal tersebut berlayar dari Batu Pahat, Malaysia dengan tujuan Tanjung Gadai Riau.

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri Agus Yulianto mengatakan, penangkapan Terduga pelaku itu, dilakukan dari pengembangan penegahan kapal Penyeludup sebelumnya.

“Jadi kita ambil keterangan para saksi, lalu kita gelar perkara dan didapati bahwa pelaku berdomisili di Tanjung Gadai,”kata Rabu (19/8/2020) siang.

Mendapati pelaku berdomisili di Tanjung Gadai, Bea Cukai berkoordinasi dengan KPPBC Bengkalis dan Detasemen Polisi Militer Kodam I Bukit Barisan untuk mengejar pelaku.

Setelah dilakukan pengejaran, akhirnya pelaku berhasil diamankan. Dari ribuan tekstil tersebut disembuyikan di beberapa titik yang berbeda.

“Tempat penyimpanan barang dilakukan pelaku di 7 titik bangunan, dan satu titik penyimpanan berada di hutan,”jelas Agus.

Saat ini lanjut dia, ribuan roll tekstil sebagai Barang Bukti, saat ini berada di gudang penyimpanan barang bukti milik Bea Cukai Khusus Kepri dengan nilai Rp13,635,000,000 miliar, hingga menimbulkan kerugian negara sebesar Rp6,603,525,945.

“Tidak hanya menyeludupkan tekstil, pelaku juga menyeludupkan beberapa box spare parts mobil mewah,”sebutnya.

Saat ini pelaku sudah diamankan oleh pihak Kanwil DJBC Khusus Kepri, dan akan diproses secara hukum kepabeanan yang berlaku.

Penulis:Putri/Redaksi

Comments
Loading...