Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Dalami Gratifikasi Nurdin Dari OPD, Ini 7 Pejabat Kepri Yang Diperiksa KPK Hari Ini†

Jurubicara KPK Febri Diansya Saat memberi keterangan Pers pada wartawan di Batam.(Dok Presmedia).

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terus mendalami dugaan suap dan gratifikasi terhadap gubernur nonaktif NUrdin Basirun.† Selain masalah dugaan suap dan gratifikasii atas pengeluaran Izin prinsif pemanfataan ruang laut di Tanjung Piayu. KPK juga menelusuri sumber dana dugaan suap dan gratifikasi Nurdin atas temuan dana Rp.5,3 Milliar didalam kamar rumah dinas gubernur Kepri non aktif Nurdin Basirun.

Informasi yang berkembang, dari milliaran dana barang bukti yang ditemukan KPK dikamar pribadi rumah dinas Nurdin Basirun, sebagian berada didalam amplop lengkap dengan nama penyetor di Amplop. Dalam tiga hari, mulai 19 sampai 21 Agustus 2019, tim penyidik KPK telah memanggil dan meminta keterangan terhadap 21 orang saksi atas kasus dugaan suap dan gratifikasi terhadap Nurdin tersebut.

Juru biacara KPK Febri Diansyah mengatakan, para saksi yang dipanggil, merupakan para pejabat eselon I dan II Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah provinsi Kepri. Selain itu, KPK juga turut memanggil pensiunan Kepala OPD dan mantan pejabat Pemprov Kepri yang sudah pindah tugas ke Kementerian Pariwisata.

Febri Diansyah menerangkan, para saksi yang diperiksa selama beberapa hari terakhir itu, diminta keterangan untuk mendalami dan menelusiri dugaan penerimaan suap dan gratifikasi tersangka Nurdin Basirun atas temuan dana didalam kamar pribadi rumah dinas gubernur Kepri yang ditemukan KPK.

Baca Juga

Pelantikan 16 Kepala OPD di Kepri Ditunda

Hal itu disebabkan, penyidik curiga bahwa gratifikasi yang diterima tersangka selain dari pengurusan Izin Prinsif pemanfataan ruang laut, juga diduga berasal para pejabat OPD.

“Gratifikasi yang diterima tersebut ada yang diduga berasal dari para pejabat dan pegawai di organisasi perangkat daerah (OPD) di Provinsi Kepri,” ungkap Febri, Rabu (21/8/2019).

Ia menambahkan, pemeriksaan terhadap saksi akan terus berlanjut. Dimana, pihaknya akan terus memanggil sejumlah kepala OPD yang diduga memberikan gratifikasi kepada tersangka Nurdin Basirun.

“Besok, Kamis (22/8) KPK masih akan melakukan pemeriksaan terhadap 7 orang saksi lainnya dari unsur OPD yang dilaksanakan di Polres Barelang,”ujarnya.

Sejumlah Nama-nama yang akandipanggil dan akan diperiksa itu antara lain, Maifrizon Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Kepri, Arifin Nasir mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Kepri, Azman Taufik Mantan Kepala Dinas Penanaman Modan dan Penanaman Satu Pintu Pemprov Kepri, Ani Lindawaty Kepala Biro Organisasi dan Korpri Pemprov Kepri, Harris Pariyandi, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Kepri, Misbardi, Kepala Biro Layanan Pengadaan Pemprov Kepri dan Aiyub Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kepri.

Mantan aktivis ICW ini juga mengingatkan, agar dalam pemeriksaan,† para saksi memberi keterangan secar terbuka dan jujur. Karena dengan sikap koperatif tersebut selain akan membantu KPK dalam menangani perkara juga akan membantu diri para saksi.

“Karena selain ada resiko hukum pidana jika memberikan keterangan tidak benar, KPK juga tentu akan mempertimbangkan mana pihak yang koperatif dan tidak koperatif dalam proses pemeriksaan,” tuturnya.

Berikut 21 Nama Pejabat OPD Provinsi Kepri yang dipanggil dan diperiksa KPK sebagai saksi dalam dugaan suap dan gratifikasi Nurdin Basirun:

1.Hendri Kurniadi, Plt Kepala Dinas ESDM Pemprov Kepri

2.Abu Bakar Kepala Dinas PUPR Kepri

3. Muhammad Shalihin Pegawai Honorer pada Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Kepri

4.Martin Luther Maromon Kepala Biro Umum Prov Kepulauan Riau

5. Yerri Suparna Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2017 s/d 2018

6. T.S. Arif Fadilah, Sekda Provinsi Kepulauan Riau

7.Riau Zulhendri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Kepri

8.Guntur Sakti Mantan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemprov Kepri (Absen/belum memenuhi panggilan)

9.Ahmad Izhar Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Pemprov Kepri

10. Misni, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemprov Kepri

11. Burhanudin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemprov Kepri

12.Tagor Napitupulu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Kepri

13.Sardison, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil

14.Tjetjep Yudayana, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Kepri

15. Syamsul Bahrum, Asisten 2 Setda Prov Kepulauan Riau

16.Maifrizon Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov Kepri

17. Arifin Nasir mantan Kepala Dinas Pendidikan Pemprov Kepri

18. Azman Taufik Mantan Kepala Dinas DPMPTSP Pemprov Kepri

19. Ani Lindawaty, Kepala Biro Organisasi dan Korpri Pemprov Kepri

20. Harris Pariyandi, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Pemprov Kepri

21. Misbardi, Kepala Biro Layanan Pengadaan Pemprov Kepri

22. Aiyub, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kepri

Data;Dari berbagai Sumber.(Presmed5)

 

Comments
Loading...