Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemkab Bintan Kaji Pembukaan Sekolah di Zona Hijau COVID-19  

Bupati Bintan Apri Sujadi.

PRESMEDIA.ID,Bintan-Pemerintah kabupaten Bintan mengkaji pembukaan sekolah dan belajar tatap muka, di sekolahan yang berada di kecamatan berstatus zona hijau dari Pandemi COVID-19 di kabupaten Bintan.

Dengan pembukaan kembali sekolah ini, siswa dan siswi disekolah bisa kbali mulai belajar dengan tatap muka.

Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan hal tersebut menjadi penting di mana aktivitas belajar mengajar harus tetap berjalan namun dengan aturan dan standar protokol kesehatan yang ketat.

“Lembaga pendidika yang sudah bisa melakukan aktivitas belajar mengajar dengan tatap muka adalah pondok pesantren. Karena anak-anak cenderung mondok alias tidak keluar kemana-mana sehingga mereka hanya berada di kawasan tersebut. Namun mereka tetap patuhi protokol kesehatan,”ujar Bupati Bintan Apri Sujadi Rabu (19/8/2020).

Untuk sekolah SD dan SMP, lanjut Apri saat ini juga sedang didata. Terutama sekolah yang berada di kecamatan yang masuk zona hijau. Jika memungkinkan sekolahan itu akan segers dibuka.

“Bisa dibuka tapi mereka belajar tatap muka secara bertahap. Tapi kita tunggu teknisnya dari Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan,”jelasnya.

Sementara itu, Kadisdik Bintan, Tamsir menjelaskan untuk tahap awal pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada orang tua murid terlebih dahulu terkait sistem pembelajaran yang akan diterapkan.

“Beberapa SOP protokol kesehatan disekolah juga akan dijalankan secara ketat. Serta fasilitas sekolah yang akan disiapkan juga harus disemprotkan disinfektan terlebih dahulu,” katanya.

Nantinya aktivitas pembelajaran akan diberlakukan dibawah 3 jam lalu juga akan dibuka secara bertahap artinya tidak menyeluruh. Namun sebelum diterapkan pihaknya akan disosialisasikan dulu.

Kemudian juga sarana dan prasarana sudah harus siap seperti pengecekan suhu tubuh untuk guru, murid dan orangtua murid dan tempat cuci tangan.

“Pastinya sesuai standar protokol kesehatan baik bagi murid, guru maupun orang tua murid yang datang kesekolah,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...