Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Polres Tanjungpinang Tetapkan Bobby Jayanto Tersangka Dugaan Kasus Rasis Dan Diskriminasi

Ketua DPC Nasdem kota Tanjungpinang Bobby Jayanto (Presmedia)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Penyidik Polres Tanjungpinang menetapkan Ketua DPD Nasdem Kota Tanjungpinang tersangka kasus dugaan rasis dan diskriminasi.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP.Efendri Ali mengatakan, penetapan tersangka Bobby, didasarkan dua alat bukti yang sah, dari gelar perkara yang telah dilaksanakan

“Dari gelar perkara yang kami lakukan, dan atas alat bukti dari penyidikan, Unsur melawan hukum perbuatanya terpenuhi, hingga yang bersangkutan (Bobby-red) kami ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus rasis dan diskriminasi,”ujarnya pada wartawan di Tanjungpinang, Kamis,(22/8/2019).

Tersanhka Bobby Jayanto, lanjut Alie, disangka melanggar Pasal 16 Jo Pasal 4 ayat 2 huruf B Undang-undang Nomor 40 Tahun 2018 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras Dengan ancaman lima tahun penjara.

Baca Juga

Diketahui, Ketua DPD Nasdem Tanjungpinang Bobby Jayanto sebelumnya diduga berpidato Rasis dalam bahasa Tionghoa pada acara sembahyang keselamatan di Pelantar II Tanjungpinang, pada Sabtu (8/6/3019) lalu.

Akibatnya, Ketua DPD Nasdem kota Tanjungpinang itu dilaporkan organisasi Masyarakat dan LSM ke Polres Tanjungpinang.

Empat ormas dan LSM yang melaporkan Bobby Jayanto itu adalah, Ormas Gagak Hitam Tanjungpinang dan Bintan, LSM Cindai serta ormas lainya berdasarkan Laporan Polisi LP-B/82/VI/2019/KEPRI/SPKT-Res TPI tanggal 11 Juni 2019.

Pelaporan Bobby Jayanto atas dugaan pidato rasis berbahasa Tionghoa itu dilakukan, karena meresahkan warga, dan telah menjadi Viral dan bahan perbincangan pada masyarakat di media sosial.(Presmedia)

Comments
Loading...