Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Ditetapkan Tersangka, Polisi Baru Periksa Bobby Pekan Depan

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP Efendri Alie

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Kendati sudah ditetapkan tersangka dugaan rasis dan diskriminasi, Polres Tanjungpinang baru akan memanggil Bobby Jayanto untuk diperiksa sebagai tersangka pada minggu depan.

Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang AKP.Afendi Ali mengatakan, pemangilan dan pemeriksaan Bobby sebagai tersangka dilakukan, setelah ditetapkan.

“Pekan depan kami panggil untuk dimintai keterangan sebagai tersangka,”ujar Efendri pada wartawan saat ditemui di Mapolres Tanjungpinang, Kamis(22/8/2019).

Sebelumnya, Efendi juga mengakui, telah memanggil dan memeriksa Bobby Jayanto sebagai saksi atas kasus yabg dituduhkan padanya. Selain Bobby, Polisi juga memanggil dan meminta keterangan pada sejumlah saksi fakta dan saksi ahli.

Baca Juga

Atas penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan itu, selanjutnya, Satreskrim Polres Tanjungpinang menaikan status Bobby Jayanto dari saksi terlapor menjadi tersangka.

Bobby Jayanto disangka melanggar Pasal 16 Jo Pasal 4 ayat 2 huruf B Undang-undang Nomor 40 Tahun 2018 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras.

Ketua DPD Nasdem kota Tanjungpinang Bobby Jayanto, sebekumnya dilaporkan warga ke Polisi atas diduga pidato Rasis dalam bahasa Tionghoa pada acara sembahyang keselamatan di Pelantar II Tanjungpinang, pada Sabtu (8/6/3019) lalu.

Empat ormas dan LSM yang melaporkan Bobby Jayanto itu adalah, Ormas Gagak Hitam Tanjungpinang dan Bintan, LSM Cindai serta ormas lainya dengan Laporan Polisi LP-B/82/VI/2019/KEPRI/SPKT-Res TPI tanggal 11 Juni 2019.

Pelaporan Bobby Jayanto dilakukan karena dianggap meresahkan warga atas pidatonya yang diduga rasis dalam berbahasa Thionghoa Viral dan jadi bahan perbincangan pada masyarakat di sosial media.(Presmedia5)

Comments
Loading...