Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Positif COVID-19 Bintan Kembali Bertambah Total Jadi 38 Kasus

Juru Biacara Gugus Tugas Bintan dan Kepala dinas Kesehatan Bintan dr Gama AF Isnaeni.

PRESMEDIA.ID,Bintan-Pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bintan, kembali bertambah 2 pada Minggu (23/8/2020).

Ke dua pasien positif yang baru itu merupakan wanita dan menjadi pasien kasus ke 37 dan 38. Dengan penambahan ini, total jumlah kasus positif COVID-19 di Bintan menjadi 38 kasus.   

Kepala Dinas Kesehatan Dinkes Bintan, dr Gama AF Isnaeni mengatakan ke kasus baru itu, dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan hasil uji PCR Laboratorium BTLKPP Batam dengan hasil postif COVID-19.

“Keduanya adalah kasus nomnor 37 Ny, My dan Ny.Nt,”ujar Gama, Mingga (23/8/2020).

Ny.My lanjut Gamma, merupakan warga asal Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur. Namun demikian, hingga saat ini belum diketahui wanita berusia 23 tahun tersebut terpapar dari pasien atau klaster mana.

Selanjutnya kasus ke 38 adalah Ny, NT yang merupakan seorang pendatang dari luar daerah. Wanita berusia 22 tahun itu berkunjung ke Kabupaten Bintan beberapa waktu lalu. Namun belum diketahui tertular dari mana.

“Saat ini, kedua wanita itu telah melakukan isolasi secara mandiri di rumahnya masing-masing. Kami juga sedang menelusuri kasus ke 37 dan 38 ini,”katanya.

Sebelumnya, gugus tugas penanganan COVID-9 Bintan juga mengatakan penambahan 5 kasus baru positif COVID dari kluster Bintan dan 1 orang merupakan warga luar.

dr Gama AF Isnaeni mengatakan, ke 5 pasien positif covid-19 yang baru diketahui berdasarkan hasil uji Swab PCR Laboratorium BTKLP Batam, yang diterima Jumat (21/9/2020) lalu dengan hasil positif.

Ke 6 pasien COVID-19 yang baru itu adalah kasus ke 31 sampai dengan kasus ke 36 yang terpapar dari Klaster RSUD Engku Haji Daud (EHD) Tanjunguban dan Klauster Jakarta.

Untuk klauster RSUD EHD antara lain Na (35) serta Dz (1) dan Do (13). Ketiga orang ini adalah seorang ibu beserta dua anaknya. Mereka terpapar dari honorer RSUD EHD yaitu D (44) merupakan pasien kasus ke 26 yang tak lain suami dari Na atau ayah dari DZz dan DO.

Kemudian untuk Klaster Jakarta adalah Jr (60) yang terpapar dari pasien kasus ke 25 yaitu ZI yang tak lain adalah anaknya. ZI merupakan seorang dokter lulusan UKI Jakarta, bersangkutan datang ke Bintan pada 4 Agustus lalu untuk melayat ibunya. 

Lalu beberapa hari kemudian setelah kepergian ibunya, ZI yang berusia 25 tahun itu mengalami gejala sesak napas. Lalu diambil swabnya dan dinyatakan hasil swabnya positif Covid-19 pada 14 Agustus.

Selanjutnya ditracing keluarganya antara lain ayahnya (Jr), abang (CT) dan calon istrinya (J) serta anak abangnya.

“Setelah ditracing abangnya CT (29) beserta calon istrinya J (26) juga positif.

Lalu ZI yang positif terlebih dulu meninggal dunia Selasa (18/8/2020) dan semalam ayahnya ZI juga dinyatakan positif,”jelasnya.

Sedangkan 2 pasien lagi yang berasal dari Bintan Utara dan luar Kabupaten Bintan masih sedang ditelusuri.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...