Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Setelah Jalani Hukuman, 160 TKIB Dideportasi Malaysia ke Tanjungpinang

160 TKIB Dideportasi Malaysia ke Tanjungpinang, Kamis (22/8)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 160 orang Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKIB) dideportasi Malaysia ke Tanjungpinang melalui Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP). Ratusan TKIB tersebut, tiba di pelabuhan Sri Bintan Pura, sekitar pukul 15.00 Wib, Kamis(22/8/2019).

Kepala Pos Imigrasi Pelabuhan Internasional SBP Tanjungpinang, Daniel Maxrinto mengatakan, TKIB yang dideportasi Malaysia itu tiba fengan menggunakan MV.Gembira 3 dari Setulang Laut Malaysia dengan jumlah 160 orang, yang terdiri dari 120 orang laki-laki dan 40 orang Perempuan.

“Mereka dideportasi karena melanggar undang-undang keimigriasian Malaysia, serta tidak memiliki dokumen,”ujar Daniel.

Sebelum di deportasi lanjut Daniel, para TKIB tersebut juga telah menjalani hukuman, berupa penjara selama 1 bulan sampai 3 bulan akibat tidak memiliki dokumen serta masuk secara gelap.

“Rata-rata para TKIB yang dideportasi ini, berasa dari Jawa Timur, Dan Nusa Tenggara Barat (NTB), Aceh, dan Medan. Beberapa dari mereka ada juga l yang sakit ringan,”katanya.

Ditempat yang sama, Pieter M Matakena Koordinator Pemulangan WNI Non Prosedural Kementerian Sosial (Kemensos) Tanjungpinang menyebutkan seluruh TKIB ini nantinya akan ditempatkan Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Tanjungpinang.

“Sebelum dipulangkan, mereka diinapkan di RSPTC beberapa hari, sambil menunggu kapal Pelni dan arahan dari Kementerian Sosial untuk pemulangan,”katanya.

Dan sebelum dipulangkan ke daerah asal sejumlah TKIB itu akan ditampung dan diinapkan di RPTC Tanjungpinang selama 1-2 minggu.

“Sebagian ada juga yang pulang secara mandiri, dengan syarat keluarga yang menjemput di RPTC melengkapi persyaratan yang telah ditetapkan,” ujarnya. (Presmed6).

Comments
Loading...