Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Mahasiswa Kembali Gelar Aksi Demo, Protes TKA di PT.BAI ke Disnaker Bintan

:Sejumlah mahasiswa saat menggelar aksi demo memprotes keberadaan TKA Tiongkok di PT.BAI ke Disnaker Bintan.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Puluhan mahasiswa dari Aliansi Mahasiswa Kepulauan Riau (Kepri) kembali menggelar aksi demo memprotes keberadaan ratusan Tenaga Kerja Asing (TKA) di PT.Bintan Alumina Indonesia (BAI) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang Bintan.

Aksi demo memprotes keberadaan TKA Tiongkok di PT.BAI itu, dilakukan puluhan mahasiswa di Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Bintan, Kilometer 3 Kota Tanjungpinang, Senin (28/8/2020).

Pantauan di Kantor Disnaker Bintan, sejumlah mahasiswa membawa spanduk dan bendera merah putih dan melaksanakan orasi serta tuntutan, meminta transparansi pemerintah terhadap data TKA di Kabupaten Bintan khususnya di PT.BAI.

Koordinator aksi Demo Erick mengatakan, aksi itu dilakukan menuntut komitmen Disnaker Bintan untuk mengawal proses penerimaan 20.000 Tenaga Kerja di PT.BAI.

“Kami juga meminta komitmen dan mempertanyakan Disnaker Kabupaten Bintan apakah benar ada penerimaan 20.000 karyawan lokal di di PT BAI,”katanya.

Selain itu, mahasiswa juga meminta Disnaker Bintan untuk melibatkan Mahasiswa dalam pengawasan penerimaan Tenaga Kerja Lokal di PT. BAI.

Tuntutan selanjutnya, mendesak DPRD Kepri untuk membentuk Tim Pansus untuk melakukan sidak kebenaran jumlah dan data TKA yang dipekerjakan ada di PT. BAI.

“Kami juga menuntut Gubernur Isdianto untuk menjalankan Undang-undang Nomor 39 tahun 2009 terkait kawasan,” tegasnya.

Menurutnya Kadinaker Provinsi Kepri telah lalai mendatangkan TKA di tengah meningkatnya pandemi Covid – 19 di Kepri.

“Untuk itu kami minta kepada Gubernur untuk mencopot Kadisnaker Kepri,”pungkasnya.

Dalam aksi ini, sejumlah anggota Sabhara Polres Tanjungpinang dan Satpol PP Kota Tanjungpinang juga ditutunkan melakukan pengamanan.

Sampai berita ini di unggah, aksi unjuk rasa sejumlah mahasiswa masih terus berlangsung.

Penulis:Roland

Comments
Loading...