Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

DJBC Kepri dan PPM Polis Diraja Malaysia Tangkap Penyeludup Pasir Timah Dari Indonesia

Sebanyak 4 Ton Pasir Timah Sekudupan dari Indonesia berhasil diamankan Polis Diraja Malaysia dan DJBC Khusus Kepri.

PRESMEDIA.ID,Karimun- Dirjen Bea dan Cukai (DJBC) khusus provinsi Kepri  bersama Pasukan Polis Marin (PPM) Wilayah 2 Pengerang Polis Diraja Malaysia (PDRM) berhasil menggagalkan penyeludupan 4 ton pasir Timah dari Indonesia.

Penangkapan dilakukan Polis Diraja Malaysia setelah sebelumnya, Penyeludup Pasir Timah dari Indonesia itu dikejar DJBC khusus Kepri dan kabur ke Malaysia Selasa (18/8/2020).

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Agus Yulianto dalam rilisnya mengatakan, penangkapan penyeludup pasir timah itu dilakukan atas kerjasama DJBC Khusus Kepri dengan Polis Diraja Malaysia.

“Sebelumnya kami sudah melakukan pemantauan speedboat tanpa nama yang diduga senegai Penyeludup tersebut sejak 18 Agustus lalu mulai dari perairan Karang Galang Batam,”ujar Agus Selasa (25/8/2020).

Dilihat dari arahnya, kata Agus speed boat penyeludup itu mau menuju ke perairan Singapura. Mengetahui kapal tersebut tengah berlayar menuju Singapura, selanjutnya tim patroli Bea Cukai menggunakan kapal patroli BC 1410 dari DJBC Khusus Kepri langsung melakukan pengejaran. 

“Saat itu petugas melihat pelaku penyeludupan hendak menghilangkan barang bukti pasir timah, dengan cara membuang pasar timah tersebut kelaut,”ujarnya.

Selanjutnya, petugas DJBC melakukan pengejaran dan pelaku kabur kearah Malaysia. 

“Karena teduga pelaku kabur kearah Malaysia maka kita berkoordinasi dengan PDRM Malaysia, untuk mengejar pelaku,”jelasnya lagi.

Saat ini lanjut Agus, pelaku dan barang bukti berhasil ditangkap Polis Diraja Malaysia. Dan proses hukum atas tegahan dan penyeludupan pasir timah asal Indonesia itu, akan dilakukan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Malaysia.

Penulis:Putri/Redaksi

Comments
Loading...