Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Kab Lingga

Kemenag Gelar Pembinaan Mental Pada Siswa Beragama Buddha di Lingga

Kepala kantor Kemenag Lingga dan Pemuka Agama serta siswa dan siswi beragama Budha di Lingga saat mengikuti kegiatan pembinaan Mental.

PRESMEDIA.ID, Lingga-Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lingga melalui Bimas Budha menggelar pembinaan mental bagi siswa dan siswi bergama Budha di Vihara Kumala Maitreya Dabo Singkep, Rabu (26/08/2020).

Sebanyak 25 orang peserta berasal dari SPM dan SMA/K mengikuti kegiatan pembinaan mental tersebut.

Kepala Kantor Kementerian Agama Lingga HM.Nasir SAg.MH mengatakan, tantangan hidup saat ini semakin berat. Banyak orang beragama di KTP, tetapi tidak mau masuk ke rumah ibadahnya masing-masing.

“Semuanya tentu berawal dari mental yang baik. Mental itu ada kaitannya dengan agama. Oleh karena itu, adanya revolusi mental. Bagaimana membangun mental agama dan tidak ada cara lain, kecuali melalui pendidikan Agama,”ujar Nasir.

Ia menambahkan dengan mental yang baik, akan mendorong manusia untuk beragama, berbudaya dan berkarya. Eksistensi agama harus dipatri di hati masing-masing umat.

“Melalui pembinaan Mental ini kami berharap akan dapat membina pribadi-pribadi pemuda agama Buddha.Teruslah belajar dan jangan berhenti,”ajaknya.

Nasir juga mengatakan, Semua peserta yang hadir dalam pembinaan mental yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama itu adalah pemuda harapan bangsa, Melalui pembinaan mental, diharoakan akan tercipta SDM berkualitas yang mampu bersaing.

“Saat ini, kita berada dalam rumah besar, yakni Indonesia. Perlu rajutan kebersamaan di tengah kondisi perbedaan,”ungkapnya.

Sementara itu Kepala Penyelenggara Buddha, Sulistyaningsih, S.Ag, mengucapkan terimakasih atas dukungan dari seluruh panitia dan pengurus Vihara.

“Kita dapat dukungan dari seluruh umat Buddha. Kegiatan ini sangat dinantikan oleh siswa/siswi Buddha,”terangnya.

Sukini Guru Pendidikan Agama Budha juga berharap, kegiatan pembinaan mental bagi generasi beragama Budha itu dapat dilaksanakan setiap tahun.

“Tentu kita juga ingin agar pesertanya lebih banyak. Saat ini, total jumlah siswa Buddha dari SD sampai SMA ada empat ratus siswa. Jadi, hanya baru berapa persen saja yang dapat kita bina,”ungkapnya.

Sukini menambahkan selain melalui Pembinaan, Dia juga berharap prestasi akademik siswa Buddha mampu bersaing dengan siswa yang lainnya.

“Prestasi non akademik mereka ini semuanya luar biasa. Mereka mampu mengatur dan menata acara secara apik. Kita tinggal mengarahkan saja,”imbuhnya lagi.

Sementara itu, Jainul Arifin tokoh Buddha dan sekaligus Ketua Vihara berharap agar anak-anak lebih baik dalam pemahaman agama hingga mereka makin mampu mengamalkan agama di tengah masyarakat.

“Pemuda Buddha harus kreatif dan mampu memberikan pengaruh positif. Semoga semua mahluk hidup berbahagia,”ucapnya.

Adapun narasumber dan materi yang disampaikan dalam kegiatan pembinaan ini adalah H M. Nasir, S.Ag,MH dengan judul Strategi Pembinaan Dharmaduta. Kemudian Pdt. Ahong dengan judul Perilaku Benar Memperkokoh Foundasi Mental. Narasumber terakhir Sukini, S.Ag dengan judul Puja Sebagai Salah Satu Cara Pemantapan Keyakinan Mental Generasi Buddha (Tangga Menuju Bahagia).

Penulis:Aulia

Comments
Loading...